Cara Video Call WhatsApp hingga 8 Orang di Android dan iOS

Oleh: Adrian Samudro - 6 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
WhatsApp telah menambah jumlah peserta video call grup menjadi delapan orang setelah sebelumnya hanya bisa untuk mengikutsertakan empat orang saja.
tirto.id - Di tengah kebijakan physical distancing dalam mencegah penyebaran virus corona, konferensi video call menjadi cara alternatif paling diminati untuk tetap saling terhubung satu sama lain.

Dalam mendukung langkah ini sejumlah pengembang aplikasi meningkatkan sejumlah fitur, khususnya pada panggilan video, termasuk salah satunya aplikasi perpesanan terkemuka WhatsApp.

Dilansir dari The Verge, WhatsApp telah menambah jumlah peserta video call grup menjadi delapan orang setelah sebelumnya hanya bisa untuk mengikutsertakan empat orang saja.

Meski belum bisa seperti aplikasi lain yang sudah bisa melibatkan hingga 30 orang, penambahan jumlah peserta ini dirasa bisa dimanfaatkan untuk sekedar tatap muka dengan keluarga atau pertemuan kecil.

Mengingat WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang saat ini banyak digunakan baik untuk grup keluarga atau kantor, sehingga tak perlu lagi menggunakan aplikasi lain jika hanya melibatkan peserta dalam jumlah sedikit.

Panggilan video lebih dari empat peserta dapat dinikmati dengan memperbarui versi WhatsApp ke pembaruan beta Android dan iOS. Instal pembaruan beta WhatsApp iOS 2.20.50.25 dari TestFlight atau 2.20.133 beta dari Google Play untuk Android.

Fitur ini bisa digunakan untuk setiap pengguna yang telah melakukan pembaruan. Untuk itu tiap peserta harus menggunakan versi yang sama agar dapat ditambahkan dalam panggilan grup.

Adapun cara penggunannya terbilang mudah, pertama buka grup dan ketuk tombol Panggilan (Call). Jika grup memiliki jumlah peserta lebih dari batas lama dalam panggilan, WhatsApp akan menanyakan kontak mana yang ingin ditambahkan.

Atau pengguna juga bisa melakukannya dengan membuka tab Panggilan, ketuk tombol Panggilan, lalu pilih Panggilan grup baru. Pada langkah ini pengguna dapat memilih kontak mana yang akan dipanggil.

Sebagai tambahan, perlu diingat bahwa kontak atau peserta panggilan yang tidak tersimpan dalam buku alamat di ponsel Anda tidak akan ditambahkan dalam panggilan, demikian ditulis Antara.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight