Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja & Solusi Link Tidak Muncul

Oleh: Ibnu Azis - 25 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Verifikasi email Prakerja gagal karena link tidak muncul di kotak masuk? Coba cek di folder Spam.
tirto.id - Verifikasi email adalah salah satu tahapan dalam pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12. Bila link verifikasi tidak muncul di kotak masuk email, bagaimana cara mengatasinya?

Pendaftaran Kartu Prakerja dimulai dari membuat akun di situs prakerja.go.id. Di sana, pendaftar memasukkan alamat email dan memilih kata sandi.

Lalu, pendaftar akan menerima link verifikasi yang telah dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan tadi. Tautan ini harus diverifikasi sebelum melanjutkan ke tahap pendaftaran.

"Link verifikasi telah dikirimkan ke email kamu. Segera cek email dan klik tombol 'Verifikasi Email' agar bisa melanjutkan proses pendaftaran Kartu Prakerja," pemberitahuan yang muncul setelah proses membuat akun.

Dikutip dari laman FAQ Prakerja, jika tombol "Verifikasi Email" tidak berfungsi, pendaftar juga bisa klik link tersemat atau salin tautan itu kemudian tempel pada browser.

Perlu diketahui, link verifikasi itu akan berakhir dalam waktu 24 jam. Bila tautan tidak berfungsi atau sudah berakhir masa berlakunya, pendaftar diminta melakukan pendaftaran ulang.

Berikut cara mengatasi link verifikasi tak muncul di kotak masuk email:

- Pastikan email yang dipakai untuk mendaftar akun Kartu Prakerja alamatnya sudah benar

- Bila alamat email sudah benar tetapi tidak ada di kotak masuk, mungkin dianggap sebagai spam

- Cek folder Spam yang letaknya di sebelah kiri layar. Klik Selengkapnya (More) jika menu folder Spam tidak tampak

- Cari email verifikasi Kartu Prakerja, buka, dan klik "Verifikasi Email"

- Akan muncul pemberitahuan email telah diverifikasi

- Pendaftar akan kembali ke halaman dashboard untuk login

- Masukkan alamat email dan password

- Setelah proses pembuatan akun tuntas, pendaftar bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran Kartu Prakerja


Pendaftar Kartu Prakerja akan dievaluasi setelah membuat akun dan melakukan pendaftaran termasuk mengisi data hingga mengunggah foto KTP. Tepatnya setelah melakukan tes.

Evaluasi itu untuk memastikan terkait kelengkapan data, mulai dari nama, nomor KTP, KK hingga kelengkapan data yang disyaratkan pihak Prakerja. Pengumuman terkait kapan hasil seleksi Kartu Prakerja ini bisa dipantau melalui media sosial Instagram resmi milik Prakerja.

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang 12, pendaftar dapat login lalu cek di dashboard. Jika lolos seleksi Gelombang 12, pendaftar akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Pendaftar juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard.

Dan jika pendaftar tidak lolos, akan muncul notifikasi berteks "Tidak Lolos" pada dashboard.

Dikutip dari Setkab, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021, dengan total anggaran sebesar Rp10 triliun untuk Semester I tahun 2021.

Insentif Kartu Prakerja ini bisa digunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan atau bisa juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Total kuota Kartu Prakerja untuk semester I sebanyak 2,7 juta orang. Selain itu, setiap KK dibatasi maksimal dua anggota keluarga yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja.

Sedangkan kuota peserta Kartu Prakerja pada Gelombang 12 ini dibatas sebanyak 600 ribu orang. Peserta yang lolos bisa mengikuti pelatihan yang mana saat ini mencapai 1.700 pelatihan dari 154 Lembaga Pelatihan.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 sendiri telah dibuka sejak 23 Februari 2021.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight