Cara Upgrade Kartu Indosat Ooredoo dari 3G ke 4G

Oleh: Nasywa Humaira - 30 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara upgrade kartu Indosat Ooredoo dari 3G ke 4G secara offline dan online.
tirto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menyatakan, penataan atau refarming 4G LTE di Indonesia pada frekuensi 1.800 MHz sudah dimulai sejak Mei 2015.

Kemenkominfo berharap dengan broadband 4G-LTE yang masuk ke hampir seluruh kabupaten kota, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk mempermudah dalam melakukan aktivitas dan meningkatkan ekonomi.

Saat ini operator selular sudah siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan broadband 4G LTE di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Indosat Ooredoo yang turut mendukung upaya pemerintah untuk memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan sejak tahun 2018 mulai dari Lampung, Makasar, Banjarmasin dan Medan.

Tidak berhenti sampai disitu, pengembangan jaringan tersebut terus dilakukan sehingga cakupan jaringan 4G Indosat Ooredoo telah menjangkau 80 persen dari total wilayah di Indonesia dan terus berkembang.

Untuk melakukan upgrade kartu Indosat Ooredo 3G menjadi 4G, Anda dapat melakukan upgrade secara offline dan online, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Upgrade Secara Offline

1. Kunjungi Indosat Ooredoo Xpress Store atau gerai Indosat Ooredoo di Kota Anda.

2. Sampaikan kepada Costumer Service bahwa Anda ingin melakukan upgrade kartu 3G ke 4G.

3. Costumer Service akan meminta KTP sebagai identitas diri Anda.

4. Anda harus menandatangani formulir persetujuan penggantian kartu.

5. Anda akan mendapatkan SIM Card 4G Plus.

6. Mintalah Costumer Service untuk melakukan aktivasi kartu 4G USIM Anda yang baru.


Upgrade Secara Online

1. Program ini adalah proses ganti kartu yang dapat dilakukan langsung oleh Anda sendiri setelah menerima kartu 4G pengganti.

2. Gunakan kartu SIM 3G lama Anda.

3. Ketik “GANTI” kirim sms ke 4949.

4. Catat atau hafalkan kode OTP (kode OTP akan expired selama 15 menit).

5. Tukar kartu lama dengan kartu 4G USIM Anda yang baru ke dalam HP dengan IMEI yang sama.

6. Lakukan panggilan ke nomor *4949#

7. Masukan kode OTP yang sudah di catat di HP/IMEI yang sama.

8. Proses ganti kartu 4G USIM Anda telah berhasil setelah mendapat balasan dari operator.

Manfaat mengganti kartu 3G menjadi 4G

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berharap layanan 4G LTE akan memberikan manfaat dan kemudahan sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia, sehingga perlu diperkuat dengan ekosistem yang didukung aplikasi yang bermanfaat langsung, aplikasi kreatif dan inovatif, harga perangkat yang terjangkau, perlindungan pengguna dari berbagai tindakan penipuan dan kejahatan, kenyamanan pengguna serta kemandirian atas penguasaan teknologi dan penggunaan sumber daya lokal.”

Sedangkan President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli menambahkan, "kami mendukung program yang menjadi fokus pemerintah yaitu menghadirkan layanan internet cepat yang dapat diandalkan di seluruh negeri, Indosat berupaya untuk senantiasa menghadirkan layanan 4G LTE di lebih banyak wilayah di Indonesia."

"Kami berharap dengan tersedianya layanan 4G LTE ini akan mempercepat implementasi Rencana Pitalebar Indonesia yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidup bangsa secara keseluruhan.”

Dalam situs resmi Indosat Ooredoo, pelanggan 4G akan mendapatkan gratis data 5GB MyIm3, dapat menikmati streaming musik dan film tanpa buffering, video call tanpa delay, main game online tanpa lag, update media sosial lebih puas, browsing informasi untuk pekerjaan, ataupun berbisnis online jadi lebih lancar, dan Internet Anda akan lebih seru menggunakan jaringan 4G Plus.

Baca juga artikel terkait INDOSAT OOREDOO atau tulisan menarik lainnya Nasywa Humaira
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Nasywa Humaira
Penulis: Nasywa Humaira
Editor: Yantina Debora
DarkLight