Cara Tepat Mencuci dan Merawat Tumbler atau Botol Minuman

Oleh: Febriansyah - 28 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Membersihkan tumbler harus dilakukan dengan benar agar benar-benar bersih dan tidak rusak.
tirto.id - Tumbler biasanya berbentuk botol yang berbahan plastik atau stainless. Botol ini biasanya dipakai untuk membawa minuman ke kantor, sekolah atau bepergian jauh. Tumbler memiliki bahan yang cocok dengan minuman yang dingin atau panas.

Oleh karena itu, agar tumbler bisa dipakai lebih lama, maka perlu dilakukan perawatan. Salah satunya, rutin membersihkannya. Namun membersihkan tumbler harus dilakukan dengan benar. Dilansir Arctic tumbler berikut cara membersihkan tumbler:

1. Mencucinya dengan tangan

Gunakan soda kue dan cuka putih untuk membersihkan bagian dalam tumbler. Jadi campurkan sebanyak dua sendok makan dan cuka putih sebanyak dua gelas ke dalam salah satu wadah.

Masukan dengan hati-hati campuran bahan itu ke dalam tumbler, tuangkan sampai memenuhi gelas atau botol. Lalu diamkan sekitar lima menit. Jika noda tidak hilang setelah digosok ringan dengan sikat non-logam, maka bilas dan ulangi lagi.

Harap dicatat bahwa tumbler tidak aman dicuci dengan mesin cuci piring. Tutupnya mungkin aman untuk mesin cuci piring di rak paling atas, tetapi gelasnya sendiri jangan.

2. Jangan gunakan pemutih rumah tangga

Ini khusus untuk tumbler berbahan stainless. Baja tahan karat yang digunakan dalam tumbler hanya sebanyak 18 persen chromium, jadi mencuci gelas Anda secara tidak sengaja dengan pemutih sekali atau dua kali tidak akan cukup untuk menyebabkan karat, tetapi setiap kali stainless steel terkena pemutih, ia semakin lemah dan semakin berkarat.

3. Gunakan kuas logam pada tumbler

Wol baja sangat luar biasa dalam hal membersihkan gelas, tetapi bila digunakan pada stainless steel, wol bisa tergores. Goresan-goresan itu kemudian menjadi magnet noda di mana sisa kopi tidak bisa digosok, mencemari aroma minuman apa pun yang Anda masukkan ke dalam gelas.

Bukan hanya itu, tetapi goresan itu juga bisa menghasilkan karat dari waktu ke waktu, membuat gelas Anda terlihat dan terasa tidak enak. Alih-alih menggunakan logam apa pun, sebaiknya gunakan sikat plastik atau spons kaku untuk membersihkan gelas Anda.

4. Air panas

Dilansir Business Insider mencuci tumbler cukup dengan air panas, sabun, dan handuk kertas. Air panas setidaknya dapat membunuh dan mengusir kuman-kuman yang menempel di dinding-dinding tumbler Anda.


Baca juga artikel terkait TUMBLER atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight