Cara Reservasi Restoran Tanpa Khawatir Kehabisan Tempat Duduk

Oleh: Nasywa Humaira - 15 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ada baiknya untuk menyimak cara reservasi tempat makan, sehingga acara makan Anda dapat berjalan lancar.
tirto.id - Apakah Anda suka makan di tempat makan yang bagus namun tak mau kehabisan tempat duduk?Apakah Anda ingin semuanya berjalan lancar ketika makan bersama keluarga atau kerabat?

Jika benar demikian, ada baiknya untuk menyimak cara reservasi restoran berikut, sehingga acara makan Anda dapat berjalan lancar.

Dikutip The Spruce, beberapa restoran biasanya harus dipesan pada hari libur ketika restoran tersebut cenderung ramai oleh pengunjung. Hal ini membantu restoran untuk melakukan perencanaan, menjadwalkan staf yang bertugas, dan memastikan pelanggan yang datang stabil.

Rencanakan Pemesanan Restoran

Jika Anda berencana untuk makan pada hari libur, buatlah reservasi jauh-jauh hari untuk mendapatkan waktu reservasi yang Anda inginkan.

Beberapa restoran akan memberi rekomendasi meja terbaik atau posisi sesuai keinginan.

Cara Memesan Tempat Makan

1. Telepon setidaknya 3 hari sampai seminggu sebelum. Biasanya tempat makan populer dipesan lebih awal, bahkan satu atau dua bulan sebelum acara makan berlangsung.

2. Telepon sehari sebelum untuk mengkonfirmasi pemesanan. Anda dapat bertanya, membuat permintaan khusus, dan berubah pikiran.

3. Datang 5 menit sebelum waktu reservasi. Jika Anda mungkin terlambat, sebaiknya hubungi restoran.

4. Cari tahu aturan pemberian tip, jika diizinkan, beri tip kepada pelayan yang bertugas.

5. Jika Anda memiliki permintaan khusus , buat permintaan lebih awal dan berikan lebih banyak tip.

6. Jika Anda ingin membatalkan, konfirmasi sesegera mungkin.

7. Jangan biasakan membatalkan reservasi di restoran. Beberapa restoran mempunyai data orang-orang yang melakukan pemesanan dan pembatalan.

8. Selalu bersikap sopan ketika melakukan reservasi, saat tiba di restoran, dan saat Anda duduk. Mengucapkan terima kasih kepada staf yang menyediakan layanan. Hal ini dilakukan agar pihak restoran mengingat Anda secara positif dan senang hati menyambut Anda lain waktu saat Anda makan kembali di sana.


Momen Khusus

Pada momen tertentu dalam setahun, restoran akan lebih ramai, jadi Anda harus menghubungi secepat mungkin untuk dapat melakukan reservasi. Waktu libur biasanya menjadi waktu yang padat bagi tempat makan populer.

Saat merencanakan suatu acara, seperti pesta ulang tahun, pertunangan, atau perayaan promosi. Waktu yang tepat untuk memesan tempat adalah hari kerja atau akhir pekan setelah liburan, karena setelah akhir pekan biasanya lebih sibuk. Untuk itu memesan tempat makan jauh-jauh hari memberikan Anda keuntungan lebih besar.

Menggunakan Aplikasi Pemesanan

Jika Anda ingin memastikan mendapatkan tempat duduk di restoran yang telah di tentukan, Anda bisa menggunakan aplikasi booking mobile. Di Indonesia sudah banyak bermunculan aplikasi reservasi restoran online, salah satunya adalah Qraved.

Qraved merupakan aplikasi booking mobile pertama yang tersedia di Indonesia sejak 2013. Tujuannya agar orang-orang bisa langsung makan di restoran tanpa khawatir kehabisan tempat.

Qraved hadir di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta.

Aplikasi ini melakukan survei mengenai kegemaran masyarakat berbagi informasi lewat media sosial mengenai kuliner. Informasi yang banyak tersebar di sosial media itu kemudian dibuat dalam sebuah aplikasi. Tidak sekedar mengunggah foto, tetapi juga dilengkapi dengan informasi seperti artikel menarik, ulasan atau rekomendasi mengenai suatu restoran. Dan tentunya Anda dapat melakukan reservasi dengan mudah tanpa harus datang langsung ke restoran.


Baca juga artikel terkait RESTORAN atau tulisan menarik lainnya Nasywa Humaira
(tirto.id - )

Kontributor: Nasywa Humaira
Penulis: Nasywa Humaira
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight