Cara Pesan Kopi di Starbucks untuk Pelanggan yang Pertama Kali

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara pesan kopi di Starbucks untuk pelanggan yang baru pertama kali.
tirto.id - Minum kopi bagi sebagian orang adalah rutinitas yang bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah atau di kedai-kedai kopi yang saat ini sedang marak.

Salah satu merek kopi yang cukup populer adalah Starbucks. Perusahaan kedai kopi asal Amerika Serikat ini menyediakan berbagai jenis kopi dan minuman lainnya, seperti americano, espresso, machiatto, frappucino, hot chocolate dan masih banyak lagi.

Maya, mantan barista yang pernah bekerja di salah satu gerai Starbucks di Yogyakarta mengatakan, biasanya barista akan menanyakan minuman apa yang akan dipesan, lalu memberikan sejumlah penawaran seperti memilih minuman panas atau dingin.

"Biasanya customer yang datang saya tanyakan terlebih dahulu mau minum jenis apa? blend atau espresso, dingin atau panas," kata Maya kepada Tirto, Senin (14/10/2019).

Berikut adalah langkah-langkah memesan kopi menurut Maya.

- Pilih Jenis minuman

Tentukan minuman yang ingin Anda pesan, blend, espresso, teh, atau coklat. Jika masih ragu, tanyakan pada barista Anda.

Blend adalah adalah campuran atau racikan dari beberapa jenis kopi. Biasanya kopi asal tunggal dipanggang dengan panggang ringan sampai sedang agar mereka dapat mempertahankan jumlah maksimum dari rasa asal yang unik.

Sementara itu, espresso adalah kopi murni hasil ekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi

- Pilih hot or ice

Setelah menentukan jenis minuman, barista akan bertanya, apakah ingin minuman dingin atau panas. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

- Tentukan ukuran gelas

Starbucks punya beberapa jenis ukuran gelas, pilih sesuai dengan kebutuhan minum Anda. Gelas tall setara dengan 354 ml, grande setara dengan 473 ml, dan venti setara dengan 591 ml.

Sementara itu, di beberapa gerai Starbucks juga menawarkan minuman dengan ukuran short, yaitu 236 ml, atau trenta dengan ukuran 916 ml.

- Tentukan jumlah shoot

Setelah memilih jenis minuman, Anda juga bisa menentukan jumlah shot pada kopi atau jumlah takaran espresso dengan takaran satu shot sekitar 25-35 mililiter.

- Pilih tambahan rasa

Untuk minuman kopi, teh atau blend, Anda bisa meminta tambahan seperti gula, sirup atau whipped cream.

- Pilih cairan dasar atau based

Beberapa kopi dibuat dengan susu atau air sebagai cairan utama. Misalnya, untuk Americano, barista akan menambahkan air dengan espresso, sementara untuk cappucino, barista akan mencampurkan susu dengan espresso.

- Tanyakan promo

Jangan lupa tanyakan promo apa yang sedang digelar di Starbucks saat itu, dan barista akan menawarkannya untuk Anda.


Baca juga artikel terkait STARBUCKS atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight