Bahasa Indonesia

Cara Penulisan Huruf Tebal Menurut PUEBI atau EYD

Oleh: Balqis Fallahnda - 21 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
PUEBI merupakan pedoman untuk menyempurnakan EYD, termasuk dalam cara penulisan huruf tebal.
tirto.id - Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) merupakan pedoman untuk menyempurnakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD) atau yang sebelumnya lazim disebut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

PUEBI merupakan pedoman ejaan bahasa Indonesia terbaru dari sepanjang sejarah ejaan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Penggunaannya pun semakin luas dalam beragam ranah pemakaian, baik secara lisan maupun tulis. Hal tersebut menyebabkan adanya penyempurnaan terhadap ejaan bahasa Indonesia.

Penyempurnaan tersebut ditetapkan menjadi Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PUEBI diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan bahasa Indonesia yang makin pesat.

Dalam PUEBI yang diterbitkan tahun 2016, terdapat empat bagian isi utama yaitu Pemakaian Huruf, Penulisan Kata, Pemakaian Tanda Baca, dan Penulisan Unsur Serapan.

Di samping PUEBI berbentuk buku dan ebook, dirilis juga merilis laman PUEBI Daring yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia secara online.

Aturan Pemakaian Huruf Tebal

Penggunaan huruf tebal dibahas di bagian Pemakaian Huruf poin H dalam PUEBI. Dijelaskan bahwa terdapat dua kondisi penulisan yang dapat menggunakan huruf tebal yaitu:

1. Huruf tebal dipakai untuk menegaskan bagian tulisan yang sudah ditulis miring, misalnya:
  • Huruf dh, seperti pada kata Ramadhan, tidak terdapat dalam Ejaan Bahasa Indonesia.
  • Kata et dalam ungkapan ora et labora berarti ‘dan’.
2. Huruf tebal dapat dipakai untuk menegaskan bagian-bagian karangan, seperti judul buku, bab, atau subbab.

Baca juga artikel terkait EJAAN YANG DISEMPURNAKAN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight