Cara Pendaftaran Online Uji Emisi Gratis dari Pemprov DKI

Oleh: Yuliana Ratnasari - 4 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Uji emisi gratis dari Pemprov DKI akan diprioritaskan untuk kendaraan-kendaraan yang melakukan registrasi secara online.
tirto.id - Uji emisi gratis akan digelar Pemprov DKI Jakarta untuk kendaraan roda empat di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 17 Desember 2017.

"Para pemilik kendaraan roda empat yang berminat untuk melakukan uji emisi, dapat mendaftarkan diri secara online [daring]," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin (4/12/2017).

Kegiatan uji emisi tersebut merupakan bagian dari rangkaian persiapan dalam mendukung penyelenggaraan kompetisi olah raga Asian Games pada 2018 mendatang.

"Melalui pelaksanaan uji coba tersebut, kami berharap dapat mendorong peningkatan kualitas udara di wilayah DKI Jakarta selama berlangsungnya Asian Games tahun depan," ujar Isnawa.

Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih menyatakan, akan memproritaskan kendaraan-kendaraan yang melakukan registrasi secara online.

“Kami menargetkan akan ada 2.500 kendaraan roda empat yang mengikuti kegiatan uji emisi gratis itu,” papar Andono seperti dilansir Antara.

Para pemilik kendaraan yang berminat untuk melakukan uji emisi gratis dapat melakukan registrasi online melalui tautan ini: Daftar Uji Emisi Gratis.

Kegiatan uji emisi gratis itu akan dilaksanakan di sekitaran putaran Patung Ondel-Ondel hingga putaran Masjid Raya, Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 17 Desember 2017 mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Menurut dia, kegiatan uji emisi tersebut merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup, termasuk udara di wilayah Kota Jakarta agar tetap baik.

"Ke depannya, kami juga mengharapkan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor itu dapat menjadi sebuah gerakan bersama masyarakat untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta," tutur Andono.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memantau kualitas udara perkotaan melalui Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) di 28 kota di Indonesia pada 2016.

Hasil EKUP sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016 itu menunjukkan bahwa terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan, yaitu Palembang, Semarang dan Jakarta Timur.

"Seluruh warga Jakarta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menguji emisi gas buang kendaraannya. Silakan melakukan registrasi online untuk memastikan kuota," ungkap Andono.

Baca juga artikel terkait UJI EMISI atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
Dari Sejawat
Infografik Instagram