Mudik Lebaran 2022

Cara Pantau Kondisi Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2022 via Live CCTV

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 30 Apr 2022 18:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara memantau kondisi jalan tol saat mudik Lebaran 2022 untuk menghindari kemacetan lalu lintas.
tirto.id - Kemacetan dan kepadatan lalu lintas di jalan tol dan jalan arteri selama mudik Lebaran dapat dilihat melalui CCTV publik. Berikut ini cara pantau kondisi jalan tol saat mudik Lebaran 2022 via live CCTV yang disediakan pemerintah.

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan berlangsung pada 29-30 April 2022. Sementara itu, puncak arus balik dimungkinkan terjadi pada akhir libur Lebaran, yakni 7-8 Mei 2022.

Jika pemudik tidak ingin terjebak kemacetan pada puncak arus mudik dan arus balik, disarankan untuk mengatur waktu perjalanan di luar kedua waktu di atas.

Dalam unggahan media sosial Jasa Marga disebutkan bahwa survey yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik pada Lebaran Idul Fitri 1443 H mencapai 85 juta orang.

Dari keseluruhan jumlah tersebut, sekitar 47 persen di antaranya menggunakan jalur darat, baik dengan kendaraan umum atau pribadi.

Terkait kemungkinan macet yang terjadi selama arus mudik dan arus balik, Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah skenario demi mengurangi jumlah kepadatan dan kemacetan.

Dalam situs Korlantas Polri, disebutkan potensi kemacetan tetap berada di ruas jalur arteri atau nasional, ditambah juga jalur tol dan tempat wisata.

Pada momen kali ini, kepolisian tidak melakukan penyekatan karena pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik selama masa pandemi Covid-19.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dalam perjalanan, salah satu cara yang bisa diterapkan dalam menghindari kemacetan adalah dengan memantaunya lewat CCTV.

Banyak CCTV publik terpasang di persimpangan jalan di berbagai daerah Indonesia. Kamera CCTV tersebut dapat diakses publik melalui link yang disediakan pemerintah dan penyedia layanan jalanan.

Dengan mengetahui tingkat kepadatan dan kemacetan lewat CCTV ini, pemudik dapat mengambil keputusan untuk pengambilan rute mudik yang lebih sepi dan tidak terlalu macet.

Di samping itu, pemudik juga bisa memanfaatkan gawai pintar untuk mengakses kelancaran lalu lintas melalui Google Maps.

Dalam rute perjalanan yang ditunjukkan Google Map, ada warna tertentu yang disematkan pada jalan yang hendak dilalui seperti hijau, kuning, dan merah.

Jalan yang diberi warna hijau berarti lalu lintas lancar, kuning bermakna agak padat kendaraan, dan merah artinya macet.

Daftar Link CCTV untuk Pantau Kepadatan dan Kemacetan Mudik Lebaran 2022


Tautan CCTV berikut ini memberikan informasi real time mengenai keadaan lalu lintas di persimpangan atau jalan di daerah tertentu.

Cara melihatnya tinggal mengklik pada bingkai streaming yang ada, selanjutnya keadaan lalu lintas langsung tampil. Pastikan memiliki ketersediaan akses data internet untuk melihatnya.

Tekan link di bawah untuk memantau keadaan kepadatan lalu lintas di jalan tol atau jalan arteri lainnya:

1. LIVE CCTV Lalu Lintas RTTMC

2. LIVE CCTV Lalu Lintas Jawa Barat

3. LIVE CCTV Lalu Lintas Jawa Tengah

4. LIVE CCTV Jalan Tol Bina Marga

5. LIVE CCTV Lalu Lintas Jasa Marga (via App Travoy)

6. LIVE CCTV Lalu Lintas Jawa Timur (via App SITS)


Baca juga artikel terkait MUDIK 2022 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Abdul Hadi

DarkLight