Cara Mudah Membakar Kalori Setiap Hari

Oleh: Mutaya Saroh - 6 Januari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Konsultan gizi berbasis New York City dan penulis buku The Small Change Diet mengatakan ada cara membakar minimal 500 kalori setiap hari yaitu dengan olahraga. Selain itu, disarankan untuk mengikuti tips-tips dari pelatih dan ahli gizi.
tirto.id - Anda yang merasa kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya disarankan untuk mengubah rutinitas sehari-hari. Keri Gans, konsultan gizi berbasis New York City dan penulis buku The Small Change Diet mengatakan ada cara membakar minimal 500 kalori setiap hari yaitu dengan olahraga. Selain itu, Anda disarankan mengikuti tips-tips dari pelatih dan ahli gizi.

Kenapa kalori yang harus dikurangi? Dikarenakan hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah menjaga keseimbangan energi. Pengeluaran kalori harus lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan kalori.

Agar memperoleh hasil yang terbaik, Anda harus menghitung pemasukan dan pengeluaran kalori harian. Jika pemasukan kalori Anda secara teratur melebihi pengeluaran, maka berat badan Anda akan bertambah.

Dikutip dari Health.com, untuk membakar kalori setiap hari, salah satunya adalah mengurangi efek kafein dari kopi bagi yang memiliki kebiasaan minum kopi setiap pagi. Jika Anda biasanya memulai hari dengan minum kombinasi kopi dan susu, editor majalah nutrisi Cynthia Sass, MPH, RD, merekomendasikan agar Anda mengganti kombinasinya dengan santan sebagai ganti susu. Santan mengandung jenis lemak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik.

Selain mengurangi efek kafein, disarankan untuk minum segelas jus jeruk di pagi hari. Cara ini akan bagus untuk meningkatkan vitamin C dan mengurangi 500 gram kalori dalam seminggu, kurang lebih 61 kalori dalam sehari. Apabila Anda senang berolahraga, jadwalkan untuk melakukan latihan sit up setiap pagi, minimal 25 menit.

Jika Anda melakukannya, setiap menit Anda bisa membakar kurang lebih 500 kalori. Kalau Anda melakukan lompat jongkok dalam 30 detik hingga 1 menit, Anda sudah akan mengurangi 500 kalori. Selain mengurangi kalori dalam tubuh, jantung Anda menjadi lebih kuat.

Tak ada salahnya juga untuk bersepeda, baik indoor maupun outdoor. Dalam 45 menit, sudah membantu Anda membakar 500 kalori dalam tubuh. Di samping itu, satu hal yang penting adalah memilih sarapan dengan menu rendah kalori. Dilarang menyantap makanan yang mengandung penyedap atau mentega di saat sarapan. Santap saja roti atau buah alpukat, kebiasaan ini akan bermanfaat untuk membakar 530 kalori dan juga mengurangi lemak jenuh dalam tubuh.

Baca juga artikel terkait KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh