Cara Mudah Download Story Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Penulis: Abdul Hadi - 12 Jan 2022 12:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara mudah mengunduh story Instagram tanpa instal aplikasi tambahan adalah melalui situs web ketiga, baik itu melalui situs Toolzu atau Story Saver.
tirto.id - Berbeda dari post foto Instagram yang bisa dilihat dalam waktu lama, Instagram Story hanya bertahan maksimal 24 jam setelah dipos. Setelah batas waktu selesai, Instagram Story akan hilang dan tak bisa dilihat lagi.

Tak jarang, foto atau video pendek yang termuat dalam Instagram Story menarik minat pengguna lain. Jika hanya berupa foto, cara mendapatkannya cukup mudah, yaitu melalui fitur screen shoot atau screen saver.

Akan tetapi, bagaimana jika Instagram Story itu berupa video? Sebenarnya, ada banyak aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk menyimpan Instagram Story, termasuk konten video.

Akan tetapi, menginstal aplikasi tambahan kadang kala cukup merepotkan. Selain memakan memori internal ponsel, pengguna juga harus beradaptasi atau mempelajari aplikasi baru yang diinstal tersebut.

Lantas, bagaimana cara men-download Instagram Story dengan mudah tanpa harus instal aplikasi tambahan?

Cara Download Story Instagram Tanpa Instal Aplikasi Tambahan


Salah satu cara mengunduh Instagram Story tanpa instal aplikasi tambahan adalah dengan situs web ketiga. Dalam hal ini, Tirto mencoba menggunakan situs Toolzu atau Story Saver.

Pertama, Situs Toolzu menyediakan layanan gratis untuk membuat hashtag (hashtag generator), penganalisis profil (profile analyzer), dan layanan untuk mengunduh konten di berbagai media sosial, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Berikut ini cara men-download Instagram Story melalui situs web Toolzu

  1. Buka situs web Toolzu melalui https://toolzu.com/
  2. Ketikkan akun Instagram yang ingin diunduh story-nya. Sertakan simbol at @, contohnya, jika ingin mengunduh story Instagram Tirto, ketikkan @tirtoid
  3. Setelah masuk, pilih story yang ingin di-download.
  4. Klik "Save" atau "Download"

Kelebihan Toolzu adalah pengguna tidak perlu masuk atau log in ke Instagram terlebih dahulu untuk mengunduh story akun orang lain.

Selain itu, melalui Toolzu, pengguna juga dapat mengunduh foto, video, Instagram Reels, IGTV, hingga profil Instagram orang lain sepanjang akun itu tidak diprivasi.

Kedua, Instagram Story juga dapat diunduh melalui situs web Story Saver. Berikut ini cara mengunduhnya, sebagaimana dikutip dari Business Insider.

  1. Buka situs Story Saver melalui https://www.storysaver.net/
  2. Masukkan nama akun Instagram yang akan diunduh story-nya
  3. Laman Story Saver akan menampilkan sejumlah story yang sedang aktif dan bisa diunduh.
  4. Klik "Save" untuk mengunduh story tersebut.

Cara Download Story Instagram Sendiri


Jika di atas membahas cara download story Instagram orang lain, lantas bagaimana cara men-download story Instagram sendiri?

Bagaimanapun juga, beberapa pengguna merasa lebih nyaman mengambil foto atau video melalui Instagram. Sebab, Instagram menyediakan fitur filter yang dapat mempercantik foto atau video tersebut.

Jika foto atau video itu belum tersimpan dan sudah menjadi story, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh story Instagram sendiri.

  1. Buka akun Instagram Anda
  2. Buka storyInstagram yang ingin diunduh atau disimpan
  3. Klik ikon titik tiga di pojok kanan bawah
  4. Kemudian, klik "Save Foto" atau “Save Video”


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora

DarkLight