Cara Monetisasi di Facebook untuk Menghasilkan Uang

Oleh: Aditya Priyatna Darmawan - 14 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Monetisasi ini bisa menghasilkan uang dari konten-konten yang Anda posting di Facebook. Berikut caranya.
tirto.id - Selain YouTube, ternyata media sosial Facebook juga bisa digunakan monetisasi untuk menghasilkan uang. Monetisasi merupakan kegiatan yang mengubah segala sesuatunya untuk menjadi alat penghasil uang atau alat pembayaran yang sah. Uang dihasilkan bisa didapat dari konten-konten yang Anda posting di Facebook.

Semua orang dapat melakukan monetisasi ini dengan mudah. Seperti dilansir laman sideqik, lebih mudah untuk memulai monetisasi dengan halaman Facebook daripada memulai dan mencoba membangun pengikut di Facebook.


Aturan Monetisasi di Facebook

Tetapi sebelum melakukan monetisasi di Facebook, ada baiknya Anda mengerti mengenai aturan-aturan terkait monetisasi. Aturan ini berguna agar pengguna terhindar dari tindakan yang melanggar hukum.

Facebook mengatur standar monetisasi menjadi 3 set aturan, berikut seperti dilansir dari situs resmi facebook.com:

1. Standar Komunitas

Standar komunitas merupakan aturan dasar Facebook. Standar ini mengatur konten tidak aman yang menampilkan konten sadis, ketelanjangan, dan ujaran kebencian. Umumnya, konten yang tidak dimonetisasi sekali pun harus mematuhi aturan ini.

2. Kebijakan Monetisasi Partner

Standar ini berlaku di level halaman (page) dan mengatur tindakan Halaman Anda secara menyeluruh. Standar tersebut mencakup aturan untuk konten yang dibuat Halaman Anda, bagaimana konten tersebut dibagikan, dan bagaimana Halaman Anda menerima dan melakukan pembayaran online.

3. Kebijakan Monetisasi Konten

Aturan ini berlalu di level konten. Kebijakan ini mengatur konten tiap video atau postingan perorangan yang diterbitkan Halaman Anda. Standar tersebut meliputi aturan terhadap konten mengandung kekerasan, seksual, kriminal, asusila, atau tidak patut


Cara Memeriksa Kelayakan Monetisasi Halaman Anda

Di laman Facebook juga terdapat fitur untuk memeriksa kelayakan monetisasi terhadap Halaman Anda. Untuk mengetahui Halaman Anda memenuhi syarat, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Creator Studio;

2. Di sebelah kiri, klik tab ‘Monetisasi’;

3. Pilih Halaman yang ingin Anda periksa;

4. Klik ‘Terapkan’.

Anda akan diarahkan menuju Pemeriksa Kelayakan Monetisasi, tempat Anda bisa melihat dan meninjau status Anda.

  • Hijau: Selamat! Halaman Anda siap menghasilkan uang.
  • Kuning: Halaman Anda memiliki beberapa masalah yang mungkin memengaruhi kemampuannya untuk menghasilkan uang.
  • Merah: Halaman Anda memiliki masalah serius. Saat ini, Anda tidak bisa menggunakan Halaman ini untuk menghasilkan uang.

Konten Video yang Memenuhi Syarat Monetisasi

Agar bisa melakukan monetisasi video di Facebook, Anda harus memenuhi Kebijakan Monetisasi Partner. Untuk melakukannya, Anda harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Memenuhi Standar Komunitas;
  • Mematuhi Ketentuan Pembayaran;
  • Mematuhi Ketentuan Halaman;
  • Menaati Kebijakan Monetisasi Konten;
  • Membaca dan menyetujui Ketentuan Monetisasi Konten;
  • Membagikan konten autentik;
  • Membangun eksistensi yang mapan di Facebook.

Dengan menyertakan iklan di video, Anda mengonfirmasi bahwa Anda berhak menggunakan semua konten di setiap video.


Upgrade dari Facebook for Developers ke Pengelola Monetisasi

Jika saat ini Anda mengelola aplikasi Audience Network menggunakan situs Facebook for Developers, Anda bisa melakukan upgrade ke Pengelola Monetisasi.

Pengelola Monetisasi adalah platform di Pengelola Bisnis untuk melacak dan mengelola monetisasi dengan Audience Network.

Sebelum memulai

Anda akan membutuhkan:

  • Akun Pengelola Bisnis. Anda bisa mendaftar Pengelola Bisnis saat melakukan onboarding.
  • Peran admin jika Anda sudah memiliki akun Pengelola Bisnis. Pelajari tentang peran dan izin Pengelola Bisnis.
  • Peran admin untuk aplikasi Anda di situs Facebook for Developers. Pelajari tentang peran di Facebook for Developers.
Memindahkan aplikasi Anda

1. Buka Pengelola Monetisasi.

2. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke Pengelola Monetisasi. Jika aplikasi yang ingin Anda pindahkan tidak muncul, klik 'Tidak bisa melihat aplikasi Anda?' untuk melihat daftar aplikasi dan situs tempat Anda memegang peran.

3. Di Pengelola Bisnis, pilih akun tujuan pemindahan aplikasi dan situs pilihan Anda atau buat akun baru.

4. Klik 'Buat Properti Saya' untuk mengelompokkan aplikasi Anda ke dalam properti. Properti menggantikan konsep aplikasi yang digunakan di situs Facebook for Developers. Setiap Properti hanya bisa memiliki satu entri untuk setiap platform, misalnya iOS atau Android.

  • Secara default, properti Anda akan memiliki nama yang sama dengan aplikasi Anda di Facebook for Developers. Untuk mengubah nama Properti Anda, klik ‘Edit nama’.
  • Jika memindahkan lebih dari satu properti, Anda bisa menyeret dan meletakkan aplikasi dari satu properti ke properti lain.
  • Ingat bahwa Anda hanya akan bisa memindahkan aplikasi jika batasan untuk platform per Properti terpenuhi. Setiap ID Aplikasi bisa memiliki maksimal satu aplikasi iOS dan/atau satu aplikasi Android saja.

5. Jika ada orang lain yang memiliki peran admin atau developer di aplikasi Anda, tambahkan alamat email mereka untuk mengirimi mereka undangan bergabung dengan akun Anda di Pengelola Bisnis. Pelajari selengkapnya tentang peran di Pengelola Monetisasi.

6. Klik ‘Selesai’ untuk menyelesaikan upgrade.

Anda kini bisa mengklik Properti Anda untuk mengelola dan membuat Ruang Iklan baru, penempatan iklan, dan lain-lain.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Aditya Priyatna Darmawan
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Aditya Priyatna Darmawan
Penulis: Aditya Priyatna Darmawan
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight