Cara Merayakan Valentine di Rumah Saja saat Pandemi COVID-19

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 11 Feb 2022 20:40 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Cara merayakan Valentine saat pandemi bisa dilakukan di rumah saja agar terhindar dari penularan COVID-19. Berikut ini sejumlah aktivitas yang disarankan.
tirto.id - Cara merayakan Valentine saat pandemi COVID-19 bisa dilakukan di rumah saja yang diisi dengan sejumlah aktivitas seru bersama pasangan.

Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day selalu dirayakan setiap 14 Februari. Hari Valentine merupakan hari yang identik dengan ungkapan kasih sayang dengan pasangan.

Legenda Valentine lekat dengan nama St. Valentine. Ia dikisahkan menentang perintah kaisar dan diam-diam menikahkan pasangan suami istri untuk menyelamatkan suami dari perang.

Membantu orang Kristen adalah sebuah pelanggaran bagi Kaisar (pada masa itu Kristen dianggap agama sesat di Roma). St. Valentine kemudian ditangkap dan dipenjara.

Saat Kaisar memanggilnya, dengan berani ia justru bersaksi dan menyuruh Kaisar bertobat. Sehingga Valentine dihukum mati karenanya. Dia dirajam batu sebelum kepalanya dipenggal di luar gerbang Flaminia.

Sejarah lain, dicatat oleh Ensiklopedia Britannica yang menyatakan Valentine berawal dari festival Romawi Lupercalia, yang diadakan pada pertengahan Februari.

Festival tersebut merayakan kedatangan musim semi, termasuk upacara kesuburan dan hari perjodohan bagi pria dan wanita dengan lotre.

Pada akhir abad ke-5, Paus Gelasius I menggantikan Lupercalia dengan Hari St. Valentine. Valentine mulai lekat dengan keromantisan mulai sekitar abad ke-14.

Ada beberapa legenda yang menyebut dari mana nama Valentine berasal. Hari itu dipercaya diambil dari nama seorang imam yang mati syahid sekitar 270 M dari Kaisar Claudius II Gothicus.

Menurut legenda, sang imam menandatangani surat "dari Valentine Anda" kepada putri sipirnya, yang telah ia kenal dan telah sembuh dari kebutaan.

Catatan lain menyatakan, nama Valentine berasal dari Santo Valentine dari Terni, seorang uskup. Beberapa sumber menyebutkan, dua orang itu sebenarnya sama.


Cara Merayakan Valentine di Tengah Pandemi COVID-19


Lantas bagaimana cara merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day di tengah pandemi COVID-19?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Anda bersama pasangan untuk merayakan Valentine, berikut beberapa rekomendasi kegiatan di rumah saja yang bisa Anda lakukan dengan pasangan atau orang terkasih.

1. Beri ucapan sayang

Melansir laman Antara, memberikan ucapan sayang ke pasangan, keluarga atau sahabat bisa menjadi hadiah sederhana yang bermakna dalam.

2. Hadiahkan cokelat

Camilan manis seperti coklat terbukti dapat meningkatkan hormon endorfin yang bisa memicu rasa bahagia. Di Anda bisa memberikan coklat kepada pasangan atau orang terkasih di hari Valentine sebagai salah satu bentuk kasih sayang.

3. Makan sarapan di tempat tidur

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari selain dengan sarapan di tempat tidur. Letakkan nampan bersama untuk pasangan Anda - dan jangan lupa untuk menyertakan makanan berbentuk hati sebanyak mungkin. Ini adalah cara sederhana untuk mengatakan "Aku mencintaimu" bahkan sebelum pasangan Anda meminum kopinya menurut laman Good House Keeping

4. Gunakan pakaian yang serasi

Cara termudah untuk menghabiskan hari libur bersama pasangan meski harus di rumah saja adalah dengan mengenakan pakaian yang serasi atau kembaran. Anda bisa menggunakan pakaian yang sama dengan pasangan atau bisa juga baju yang senada selama satu hari di Hari Valentine.

Meski hanya di rumah saja tapi cara ini bisa menjadi salah satu kegiatan untuk merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day bersama pasangan.

5. Menghias rumah bersama pasangan

Anda bisa menjadikan rumah lebih terkesan romantis dengan menghiasinya menggunakan barang-barang berbentuk hati yang manis. Anda bisa melakukannya bersama pasangan sebagai salah satu kegiatan menyenangkan meski tetap di rumah saja.


6. Buat photobook

Photobook tentu bisa menjadi kado Hari Valentine yang luar biasa. Namun, menyatukannya atau membuatnya sendiri juga bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di Hari Valentine.

Anda bisa memulainya dengan mengumpuklan kumpulkan semua foto favorit Anda. Anda akan bersenang-senang mengenang kenangan favorit Anda melalui foto yang disatukan menjadi photobook.

7. Buat kembali kencan pertama Anda

Anda bisa mengulangi momen kencan pertama bersama pasangan meski hanya di rumah saja. Jika kencan pertama Anda adalah pergi ke kedai kopi, maka coba buatlah kopi artisanal.

Jika kencan pertama Anda pergi ke restoran romantis, coba cetak menu dan buat salah satu hidangan di dapur Anda. Jika kencan pertama Anda adalah pergi ke taman atau kebun binatang, cetaklah gambar binatang yang Anda lihat dan letakkan dalam bingkai di sekitar ruang tamu.

Jadilah kreatif dan ingatlah untuk memberi tahu pasangan Anda semua yang Anda sukai tentang mereka pada hari pertama itu. Hal ini tentu akan membuat ikatan cinta antara Anda dan pasangan menjadi lebih kuat.

8. Masak dan coba resep baru bersama pasangan

Cobalah pilih satu atau dua resep baru untuk dimasak bersama pasangan. Menurut laman CNN, selama satu hari pada 14 Februari cobalah untuk membuat rumah menjadi zona bebas telepon sehingga Anda dapat memberikan perhatian penuh kepada pasangan Anda.

Kemudian cobalah untuk membuat masakan favorit bersama pasangan, setelah itu hias meja makan dan lakukan makan malam romantis bersama pasangan sembari mengenang saat-saat romantis yang telah kalian lalui bersama.

9. Bermain games bersama pasangan

Tak ada salahnya mencoba melakukan permainan bersama pasangan untuk menghabiskan malam Valentine's Day. Dengan koktail dan makanan ringan yang cukup, itu akan menjadi sangat romantis. Anda juga dapat memainkan permainan yang lebih mudah untuk aktivitas ramah keluarga yang menyenangkan.

Beberapa permaian yang bisa Anda lakukan dengan pasangan seperti bermain kartu, main ular tangga, main UNO hingga permainan fisik seperti petak umpet.

10. Rencanakan maraton nonton film

Lakukan pendekatan santai pada Hari Valentine tahun ini juga bisa menjadi pilihan. Anda dan pasangan bisa menghabiskan waktu bersama dengan maraton nonton film sepanjang hari di rumah.

Anda bisa memilih film romantis atau komedi bersama pasangan dan jangan lupa untuk menyiapkan banyak cemilan sebagai teman menonton.


Rekomendasi Hadiah Hari Valentine


Hari Valentine merupakan hari yang dinantikan banyak orang, baik mereka yang sudah mempunyai pasangan maupun yang masih single.

Saat Hari Kasih Sayang tiba, orang-orang akan meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama orang tersayang serta memberikan sebuah hadiah.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang sering kebingungan dalam memilih hadiah yang tepat. Berikut ini adalah ide hadiah yang bisa Anda berikan tidak hanya untuk pasangan, tapi juga untuk sahabat, keluarga, dan orang lain di sekitar Anda, seperti dikutip dari Antara.

1. Ide hadiah Valentine untuk pasangan

Perlu usaha yang lebih dalam memberikan hadiah di Hari Valentine untuk pasangan. Untuk para pria, Anda bisa memberikan si dia kosmetik dan skincare, yang dirangkai menjadi gift box atau hampers. Selain itu, Anda juga bisa memberikan sesuatu yang Anda buat sendiri.

Untuk para perempuan, Anda bisa memberikan barang-barang yang mendukung hobi pasangan Anda. Misalnya jika dia hobi mengendarai sepeda motor, Anda bisa memberikan sarung tangan motor, kacamata hitam, hingga helm.

2. Ide hadiah Valentine untuk sahabat

Hari Valentine juga bisa dijadikan sebagai momen untuk berterima kasih pada sahabat yang selalu setia menjadi tempat curhatmu. Anda bisa menghadiahi mereka casing handphone dengan desain karakter kesukaan mereka.

Jika sahabat Anda gemar berfoto atau membuat konten video, Anda bisa memberikan ring light supaya hasil foto dia semakin keren.

3. Ide hadiah Valentine untuk keluarga

Anda bisa memberikan hadiah yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga. Misalnya, peralatan rumah seperti air fryer, sofa baru, televisi, hingga peralatan masak.


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight