Cara Merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon Demi Lingkungan Hidup

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 9 Jan 2023 14:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tips merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon di lingkungan hidup beragam, termasuk menanam pohon hingga mendukung gerakan penyelamatan bumi (go green).
tirto.id - Hari Gerakan 1 Juta Pohon diperingati secara nasional setiap tahun pada 10 Januari. Tahun ini, perayaan hari istimewa tersebut akan jatuh pada Selasa (10/1/2023).

Cara merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon di lingkungan hidup beragam, mulai dari menanam pohon hingga mendukung gerakan penyelamatan Bumi dari perubahan iklim (go green).

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hari besar nasional ini pertama kali dicetuskan di Indonesia pada era kepemimpinan Presiden Soeharto.


Pada 10 Januari 1993, Soeharto menetapkan bahwa gerakan sejuta pohon akan diperingati secara nasional di dalam negeri.

Kemudian, pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gerakan satu juta pohon memasuki target yang lebih ambisius. Di tahun 2011 SBY sempat menerapkan kebijakan pelestarian pohon melalui gerakan satu miliar pohon.

Hingga saat ini, Hari Gerakan 1 Juta Pohon masih rutin diperingati tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Gerakan ini sering disebut dalam berbagai kampanye lingkungan internasional, seperti Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni) maupun Hari Pohon Sedunia (28 Juni).

Hari Gerakan 1 Juta Pohon diperingati bukan tanpa alasan. Pohon memiliki manfaat yang besar bagi keberlangsungan hidup di Bumi, baik untuk manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Sayangnya, karena aktivitas manusia, lahan hijau yang seharusnya menjadi tempat hidup pohon semakin berkurang.

Hal ini dapat menimbulkan masalah yang lebih besar, mulai dari berkurangnya pasokan udara dan air bersih, kepunahan hewan, hingga krisis pangan.


Oleh karena itu, dengan adanya gerakan 1 juta pohon diharapkan Bumi dapat menopang kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup di dalamnya lebih lama.


5 Cara Merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon di Lingkungan Hidup


Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon di Lingkungan Hidup. Berikut ini Tirto menghimpun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon 10 Januari 2023:

1. Menanam pohon di sekitar rumah


Hari Gerakan 1 Juta Pohon dapat dirayakan dengan menanam pohon di sekitar lingkungan tempat tinggal. Satu pohon, setidaknya menyediakan pasokan oksigen untuk empat orang dalam sehari.

Selain itu, menurut Organisasi One Tree Planted, pohon berfungsi dalam:

  • membersihkan udara yang ada di Bumi;
  • menyaring air untuk diminum;
  • menyediakan habitat bagi lebih dari 80 persen keanekaragaman hayati terestrial yang ada di dunia.

Oleh karena itu, satu gerakan kecil saja dapat membantu pelestarian pohon di dunia sekaligus memberi kehidupan yang lebih baik untuk banyak makhluk hidup.

2. Mendukung gerakan go green


Gerakan go green adalah serangkaian upaya untuk melindungi bumi dari krisis iklim dan pemanasan global.

Melansir University of The People (UOP) gerakan go green mengacu pada semua aspek pemanfaatan produk, kegiatan, praktik, serta aktivitas yang ramah lingkungan.

Kegiatan go green dapat mulai diterapkan sejak merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon, dengan cara:

  • memanfaatkan energi terbarukan;
  • mengurangi polusi dengan melakukan penghijauan;
  • mengurangi konsumsi sampah plastik dan produk berpolutan lainnya;
  • membiasakan penerapan daur ulang sampah organik maupun anorganik.

3. Memberikan donasi untuk gerakan lingkungan hidup


Berdonasi dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk merayakan Hari Gerakan 1 Juta Pohon di Indonesia. Donatur bisa mengirimkan donasinya ke organisasi nirlaba yang bergerak di sektor lingkungan hidup dan konservasi.

Biaya untuk memperbaiki lingkungan sendiri cukup besar. Menurut data dari London School of Economics (LSE) biaya perbaikan lingkungan hidup untuk mengurangi pemanasan global mencapai 131 triliun dolar AS atau sekitar Rp2.045 kuadriliun.

Tentu dengan berdonasi dapat membantu perbaikan lingkungan hidup, khususnya di wilayah-wilayah yang mengalami krisis.

4. Berpartisipasi dalam acara gerakan 1 juta pohon


Jelang peringatan Hari Gerakan 1 Juta Pohon umumnya akan diselenggarakan acara atau event yang dapat diikuti oleh khalayak umum.

Kegiatan acara gerakan 1 juta pohon bisa diikuti selama merayakan hari besar tersebut. Masyarakat dapat berpartisipasi sebagai pendukung atau bahkan sukarelawan dalam acara Hari Gerakan 1 Juta Pohon.

Selain itu, masyarakat juga dapat menggelar kegiatan kampanye lingkungan yang dihadiri oleh masyarakat setempat pula.

5. Meramaikan media sosial dengan kampanye 1 juta pohon


Media sosial menjadi platform yang tepat untuk menyebarkan pesan dan kampanye gerakan 1 juta pohon. Platform ini memungkinkan penggunanya menjangkau banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, meramaikan media sosial dengan kampanye gerakan 1 juta pohon dapat dilakukan untuk mencapai kesadaran masyarakat dan membuat perubahan.



Baca juga artikel terkait HARI GERAKAN SATU JUTA POHON atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight