Cara Merawat serta Menggunakan Softlens dengan Baik dan Benar

Penulis: Tifa Fauziah, tirto.id - 2 Des 2022 13:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada cara khusus untuk merawat serta menggunakan softlens dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan iritasi mata hingga masalah penglihatan serius.
tirto.id - Softlens atau lensa kontak merupakan alternatif alat bantu penglihatan yang populer digunakan saat ini. Tidak seperti kacamata, softlens digunakan dengan cara ditempelkan langsung di kornea mata.

Oleh karena itu, ada cara khusus untuk merawat serta menggunakan softlens dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan iritasi mata hingga masalah penglihatan serius.

Terlepas dari fungsi utamanya sebagai alat bantu penglihatan, softlens juga sering dimanfaatkan sebagai komponen penunjang penampilan. Saat ini tidak sulit menemukan produk softlens netral yang tidak memiliki fungsi sebagai alat bantu penglihatan, melainkan untuk membuat penampilan mata menjadi menarik.


Baik softlens untuk penampilan maupun untuk alat bantu penglihatan sama-sama membutuhkan perawatan yang benar dan penggunaan yang bijaksana.

Risiko Menggunakan Softlens


Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO) memang aman selama perawatan dan penggunaannya benar. Selain itu, softlens memiliki masa pakai yang harus diperhatikan.

Softlens
yang sudah lama dipakai atau yang tidak pas bisa berisiko melukai mata. Selain itu, softlens juga berisiko menyebabkan pembuluh darah tumbuh ke dalam kornea mata. Hal ini sangat berbahaya dan mengancam penglihatan.

Di beberapa kasus, banyak orang mencoba mengatasi sakit mata akibat penggunaan softlens dengan obat mata. Sayangnya, itu bukan cara yang tepat. Ini karena obat tetes mata dapat merusak softlens.

Sebaiknya hindari penggunaan obat tetes mata saat memakai softlens. Pengguna justru disarankan untuk memakai obat tetes pelumas bebas bahan pengawet khusus yang sesuai anjuran dari dokter mata.

Segera lepas softlens dan hubungi dokter mata, apabila mata menjadi sangat merah, nyeri, berair, sensitif pada cahaya, penglihatan kabur, dan mata mengeluarkan cairan atau nanah. Karena ini bisa jadi gejala terjadinya masalah serius pada mata.

Cara Merawat Softlens dengan Benar


Sebelum memakai softlens, pastikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi softlens terlebih dahulu. Pastikan tangan juga sudah dicuci bersih dan kering sebelum melakukannya.

Simpan softlens dengan benar untuk menghindari infeksi mata. Berikut adalah cara untuk merawat softlens:

  1. Perhatikan jadwal yang telah diberikan oleh dokter mata terkait kapan waktu pakai dan waktu untuk mengganti softlens.
  2. Ikuti petunjuk dari dokter mata, produsen softlens, dan produsen cairan pembersih softlens dalam membersihkan dan menyimpan softlens.
  3. Apabila menyimpan softlens dalam jangka waktu yang lama di tempatnya, baca petunjuk untuk memastikan apakah harus mendisinfeksi ulang sebelum dipakai. Jangan menggunakan softlens yang telah disimpan selama 30 hari atau lebih tanpa disinfeksi ulang.
  4. Perhatikan jadwal pemeriksaan mata. Softlens bisa berubah jadi melengkung yang menyebabkan bentuk kornea mata berubah. Untuk memastikan bahwa softlens sudah pas, konsultasikan dengan dokter mata secara teratur.
  5. Jangan mandi, berenang, atau apa pun yang membuat mata terkena air saat memakai softlens.
  6. Jangan tidur dalam keadaan memakai softlens.

Cara Menggunakan Softlens dengan Benar


Dikutip dari laman WebMD, cara untuk menggunakan softlens sebagai berikut:

  1. Sebelum memegang softlens, cuci tangan dengan sabun lembut terlebih dahulu. Jangan menggunakan parfum, minyak, atau body lotion. Karena jika mengenai softlens, dapat mengiritasi mata atau membuat penglihatan kabur.
  2. Keringkan tangan dengan handuk tanpa serat yang bersih.
  3. Jika memakai hairspray, gunakan sebelum memasang softlens.
  4. Jaga kuku untuk tetap pendek dan halus sehingga tidak merusak softlens atau melukai mata.
  5. Rias mata setelah memasang softlens. Keluarkan softlens sebelum menghapus riasan mata.
  6. Jangan memberi air secara langsung pada softlens. Karena air bisa jadi sarang serangga kecil yang dapat menyebabkan infeksi mata atau merusak penglihatan.
  7. Jangan menaruh softlens di mulut saat membilasnya.
  8. Bersihkan softlens dengan cara menggosok lembut dengan jari telunjuk di telapak tangan yang lain.
  9. Bersihkan tempat softlens setiap kali menggunakannya. Gunakan larutan steril/desinfektan lalu tunggu sampai kering.
  10. Ganti tempat softlens setiap 3 bulan sekali.


Baca juga artikel terkait SOFTLENS atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Yonada Nancy

DarkLight