Cara Menyimpan Skincare Yang Benar & Jenis Produk Rentan Rusak

Oleh: Erika Erilia - 2 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kita diperbolehkan menyimpan skincare di dalam lemari es dengan suhu yang tidak terlalu rendah.
tirto.id - Skincare merupakan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan aktif sehingga cara menyimpannya pun tidak boleh sembarangan.

Cara penyimpanan yang buruk akan membuat komposisi produk menjadi rusak dan membuatnya tak efektif lagi untuk merawat kulit.

Ada beberapa faktor yang bisa merusak zat-zat yang terkandung di dalam skincare, yaitu panas, cahaya matahari, dan udara lembab. Berdasarkan situs Skinbetter, berikut beberapa cara menyimpan produk skincare yang benar.

1. Simpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung

Sinar matahari dapat mengubah struktur zat kimia sekaligus menurunkan efektivitas bahan-bahan yang terkandung dalam skincare.

Pelembab, serum, eye cream, dan toner adalah contoh skincare yang tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung. Dikutip dari laman Vogue, produk yang wajib dijauhkan dari sinar matahari adalah produk yang mengandung beberapa zat berikut:
  • Asam askorbat (vitamin C)
  • Benzoyl peroxide
  • DHA
  • Produk skincare organik (tanpa pengawet)
Bahan-bahan di atas termasuk zat yang mudah rusak apabila terkena panas dan sinar matahari langsung. Itulah kenapa menaruh skincare di dekat jendela yang terekspos cahaya matahari adalah ide yang sangat buruk.

Tempat yang baik untuk menyimpan skincare adalah tempat yang minim cahaya atau gelap. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari, laci meja, atau memasukkannya ke dalam wadah yang terlindung dari sinar matahari.

2. Simpan di tempat yang dingin

Panas bisa jadi musuh utama skincare, karena itu simpanlah produk-produk skincare Anda di tempat yang sejuk. Anda juga diperbolehkan menyimpan skincare di dalam lemari es dengan suhu yang tidak terlalu rendah.

Suhu dingin lemari es tidak akan mengubah efektivitas zat dalam skincare dan hanya akan mengubah teksturnya. Akan tetapi, hindari menyimpan skincare di dalam freezer atau di suhu beku karena bisa merusak produk.

Suhu dingin dipercaya dapat membuat produk skincare lebih tahan lama. Menurut situs Huffpost, kelebihan lain menyimpan skincare di lemari es adalah memberikan sensasi segar ketika produk tersebut diaplikasikan ke kulit. Skincare yang dipakai dalam kondisi dingin juga dapat membantu mengurangi inflamasi.

Hampir semua jenis skincare bisa disimpan di lemari es, termasuk face mist, eye cream, hingga sheet mask. Sementara itu, skincare yang paling disarankan untuk disimpan di suhu dingin adalah produk-produk anti-aging dan semua jenis skincare organik.

3. Simpan di tempat yang kering/tidak lembab

Tak sedikit orang yang menyimpan beberapa produk skincare di kamar mandi. Alasannya agar lebih mudah dijangkau saat akan digunakan sehabis mandi atau cuci muka.

Padahal, kamar mandi termasuk tempat yang tidak direkomendasikan untuk menyimpan skincare karena memiliki kelembaban yang sangat tinggi.

Kelembaban tinggi diketahui bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat merusak kandungan skincare. Jadi selain sabun pembersih muka, sebaiknya simpan semua skincare Anda di tempat yang lebih kering.


Baca juga artikel terkait SKINCARE atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight