Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Kualitasnya Baik & Tahan Lama

Kontributor: Maria Ulfa, tirto.id - 11 Jul 2022 19:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam cara menyimpan daging di kulkas agar kualitasnya tetap baik dan tahan lama. Berikut ini panduannya.
tirto.id - Cara menyimpan daging di kulkas agar kualitasnya tetap baik dan tahan lama perlu diketahui. Sebab, pada sebagian orang, daging kadang tidak langsung dimasak, tetapi justru disimpan untuk beberapa waktu atau buat stok.

Jika Anda adalah salah satunya, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar kualitas daging tetap baik dan tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang harus Anda perhatikan saat akan menyimpan daging.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas


Berikut ini beberapa cara menyimpan daging agar tahan lama dan kualitasnya tetap baik:


1. Simpan dalam kondisi berbumbu

Membumbui daging atau dimarinasi sebelum disimpan di dalam lemari es dapat membuat daging bertahan lebih lama.

Apalagi jika bumbu yang dipakai adalah kunyit, garam, gula, dan bawang. Bumbu tersebut mengandung zat-antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri pada daging.

2. Masukkan daging ke dalam wadah tertutup

Daging mentah yang tidak diawetkan umumnya hanya bertahan sekitar 3 hari di kulkas. Anda dapat menyimpan daging dalam pembungkus kedap udara dan memberi label tanggal daging tersebut dibekukan sebelum di taruh ke dalam freezer.

Freezer membantu menjaga daging tetap segar dengan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan memperlambat aktivitas enzim yang bertanggung jawab atas pembusukan makanan. Daging mentah yang dibekukan dapat disimpan hingga 4-12 bulan.

Pentingnya mencegah daging dari dari paparan udara menurut The Kitchn, adalah dengan menekan pembungkus kedap udara langsung ke atas daging.

Untuk lapisan pelindung tambahan, tambahkan aluminium foil di bagian luar atau segel rapat di dalam kantong pembeku plastik yang dapat ditutup kembali.


3. Perhatikan suhu freezer

Menurut Food and Drug Administration (FDA) AS, seperti dilansir Food Hacks, freezer harus disimpan pada suhu 0° F (-18° C).

Dianjurkan agar Anda sering memeriksa suhu freezer bahkan dengan alat termometer murah. Jika freezer Anda lebih dingin, hal itu dapat memudahkan mendinginkan daging Anda.

Tidak seperti sayuran, salah satu manfaat daging beku ialah tidak kehilangan nutrisi karena proses pembekuan yang tidak mempengaruhi mineral atau vitamin A dan D pada daging.

4. Jangan bekukan daging yang telah dicairkan

Menurut NHS, setelah mengeluarkan daging yang dibekukan dalam kulkas, langsung olah semuanya agar tidak ada sisa yang harus dibekukan kembali.

Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk.

Maka sebelum memasukan ke dalam kulkas, daging dapat dipotong terlebih dahulu, sehingga ketika akan dimasak, Anda hanya perlu mengeluarkan dan mencairkan seperlunya.

Untuk itu, penyimpanan dengan benar akan mempengaruhi kualitas daging, sehingga daging yang disimpan dengan benar dapat terhindar dari bakteri seperti Salmonella atau E. Coli.

5. Jangan cuci daging

Jangan mencuci daging mentah jika daging tersebut akan dibekukan. Dikutip dari Antara, semua patogen berbahaya akan mati ketika daging dimasak dalam temperatur panas. Daging yang dicuci justru bisa mengundang bakteri.

Simpanlah daging di wadah tertutup yang aman sehingga tidak bersentuhan dengan makanan-makanan lain.


Cara Memotong Daging Kambing Agar Empuk


Cara memotong daging kambing berpengaruh terhadap tekstur akhirnya. Memotong asal-asalan dapat bikin daging kambing jadi alot dan susah dikunyah.

Dikutip dari Antara, berikut ini cara memotong daging sapi yang tepat agar hasilnya empuk.

1. Potong berlawanan dengan arah serat

Potonglah daging kambing secara berlawanan dengan arah serat daging. Memotongnya sesuai arah serat justru membuatnya nanti sulit dikunyah karena tidak empuk.

2. Buanglah lemaknya

Langkah ini dilakukan agar daging kambing empuk dan tidak bau, juga demi kesehatan pencernaan. Lemak mesti dibuang lantaran sebagian besar aroma prengus daging kambing berasal dari lapisan lemak.

Irislah lapisan lemak yang berlebih pada daging agar hasil masakan lebih maksimal. Simpan daging sejenak di lemari pendingin sampai lapisan lemak beku sebelum mengirisnya.


Menghilangkan Bau Daging Pada Tangan


Saat mengolah hingga mengonsumsi daging, aromanya susah untuk dihilangkan meski telah berulang kali mencuci tangan. Adapun salah satu daging yang memiliki aroma kurang sedap adalah daging kambing atau domba.

Dilansir dari The Meat Guy, penyebab dari daging tersebut memiliki aroma yang kurang sedap adalah karena mereka mengonsumsi rumput. Dalam rumput terdapat klorofil dan merupakan senyawa organik phytol yang akan menghasilkan suatu aroma yang khas.

Terdapat beberapa bahan-bahan yang sering dijumpai di dapur rumah, dan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau daging pada tangan, seperti dilansir India Express, di antaranya garam, cuka dan soda kue, kopi, pasta gigi, dan lemon.


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight