Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Oleh: Ibnu Azis - 11 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada dua cara untuk menyembunyikan aplikasi, yakni dengan memanfaatkan aplikasi launcher dan mengaktifkan opsi Disable.
tirto.id - Ada banyak alasan mengapa aplikasi perlu disembunyikan keberadaannya di ponsel Android. Bisa karena soal privasi atau aplikasi itu tidak bisa dihapus.

Apa pun alasannya, menyembunyikan aplikasi dimungkinkan, bahkan pada ponsel merek tertentu pun menawarkan fitur untuk melakukan itu.

Di sini akan dikupas cara secara umum termasuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Dan berikut ini panduannya sebagaimana dirangkum dari laman Androidauthority.

Ada dua cara untuk menyembunyikan aplikasi, yakni dengan memanfaatkan aplikasi launcher dan mengaktifkan opsi Disable pada aplikasi terpilih.

Cara pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi launcher bernama Nova Launcher yang dapat diunduh gratis di Play Store. Nova Launcher adalah salah satu aplikasi peluncur Android paling populer.

Singkatnya, Nova Launcher memungkinkan sebuah aplikasi tidak ditampilkan pada App Drawer. Namun, aplikasi ini masih dapat diakses atau ditampilkan lagi jika dibutuhkan.

  1. Unduh Nova Launcher dari Play Store
  2. Tetapkan Nova Launcher sebagai peluncur default
  3. Buka pengaturan Nova Launcher
  4. Pilih menu "App Drawer" lalu "Hide Apps"
  5. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  6. Selesai

Nova Launcher hanya satu dari segelintir aplikasi launcher di Play Store yang memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Launcher lainnya, misalnya, Apex Launcher.

Cara kedua yaitu dengan mengaktifkan opsi Disable pada aplikasi tertentu yang ingin disembunyikan. Jika Disable aktif, aplikasi terpilih tidak akan ditampilkan di App Drawer.

  1. Buka "Settings" pada ponsel
  2. Pilih menu "Apps & notifications"
  3. Pilih "See all apps"
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  5. Pilih "Disable" lalu "Disable app"

Mengaktifkan opsi Disable biasanya dilakukan pada aplikasi bawaaan ponsel yang tidak terlalu dibutuhkan tapi tidak bisa dihapus. Namun cara ini ada risikonya.

Aplikasi yang telah "dihilangkan" via cara Disable tidak dapat diakses lagi kecuali di-Enable-kan. Caranya tak rumit, cukup pilih "Enable" lalu "Enable app", mirip saat menyembunyikannya.


Baca juga artikel terkait ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight