Cara Menurunkan Berat Badan saat Akhir Pekan atau Weekend

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 8 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara menurunkan berat badan saat akhir pekan atau Weekend: harus tetap terhidrasi.
tirto.id - Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai, membaca buku yang menarik, dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Bagi orang yang sedang melakukan program diet, akhir pekan juga bisa menjadi masalah karena pola hidup yang kurang disiplin dibanding hari biasanya, seperti makan semaunya, banyak tidur dan sedikit bergerak, serta banyak hal lainnya yang bisa merusak program penurunan berat badan.

Dilansir dari laman Everyday Health, meskipun pilihan yang dibuat adalah berkaitan seputar makanan, olahraga juga sama pentingnya dilakukan di akhir pekan, sehingga berat badan tidak akan bertambah saat menjalani akhir pekan.

Jika ingin menurunkan berat badan selama menghabiskan waktu di akhir pekan, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut uraiannya seperti dikutip dari Live Strong:

1. Pertahankan Rutinitas Tidur seperti Biasanya

Jadwal tidur rutin seperti biasa akan membantu kemampuan membakar apa yang dimakan sepanjang hari dan mengelola gula darah.

Selain itu, jika tidak mendapatkan cukup waktu untuk menutup mata, tubuh tidak akan memiliki cukup waktu untuk membakar apa yang telah dikonsumsi.

Kurang tidur dapat mengaktifkan hormon kelaparan dan dapat membuat Anda bingung antara merasa lelah karena merasa lapar, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Tidur di akhir pekan mungkin tidak lebih baik dalam hal penurunan berat badan.

Untuk peserta dalam satu penelitian kecil, tidak cukup tidur pada hari kerja dan beristirahat selama akhir pekan menyebabkan kenaikan berat badan dan sensitivitas insulin 27 persen lebih rendah, faktor risiko diabetes tipe 2, menurut temuan Februari 2019 yang diterbitkan dalam Current Biology.

2. Berolahraga di Pagi Hari

Berolahraga di pagi hari dapat menyebabkan makan lebih sedikit di kemudian hari. Ini menjadi salah satu cara untuk tetap berpegang pada jadwal tidur harian dan olahraga pagi dapat membantu tujuan penurunan berat badan yang direncanakan.

Sebuah penelitian menyebutkan, memulai latihan aerobik lebih awal menyebabkan asupan kalori yang lebih rendah di kemudian hari, serta perubahan yang lebih signifikan pada berat badan, BMI, ketebalan lipatan kulit perut, dan lingkar perut dibandingkan dengan olahraga malam hari.

3. Nikmati Secangkir Kopi pada Pagi Hari

Akhir pekan artinya memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati secangkir kopi favorit. Kandungan kafein pada kopi dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

Minum lebih banyak kopi dikaitkan dengan lemak tubuh bagian bawah untuk wanita dari segala usia, menurut studi Juli 2020 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition.

4. Lakukan Beberapa Persiapan Makan

Studi dari International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menyebutkan, mereka yang menyiapkan makanan cenderung mendapatkan lebih banyak variasi dalam makanan mereka dan, bagi wanita khususnya, perencanaan makan dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih rendah untuk kelebihan berat badan.

5. Makan di Meja, Bukan di Depan TV atau Laptop

Anda kemungkinan akan makan lebih sedikit jika makan di meja, daripada saat memindai ponsel atau menonton TV.

Meskipun akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai, usahakan untuk menyantap makanan seperti yang biasa dilakukan saat makan, yakni duduk di meja.

Makan sambil mengalihkan perhatian cenderung menyebabkan makan lebih banyak, tidak hanya saat makan, tetapi juga di siang hari.

Sebaliknya, berfokus pada makanan, daripada menonton film di TV atau media sosial di ponsel, hal ini akan membantu Anda dengan pola makan yang sadar, sebuah praktik yang terkait dengan penurunan berat badan.

6. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk mempertahankan tujuan penurunan berat badan Anda.

Minum lebih banyak air akan mencegah untuk minum minuman yang mengandung kalori, yang dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.


Baca juga artikel terkait CARA DIET AKHIR PEKAN atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight