Cara Menonaktifkan Iklan pada Realme Color OS

Oleh: Dewi Sekar Pambayun - 9 Januari 2020
Iklan-iklan yang muncul di layar smartphone Xiaomi dan Redmi bisa dinonaktifkan dengan cara sebagai berikut.
tirto.id - Smartphone Xiaomi dan Redmi (sub cabang dari Xiaomi) memang sudah lama menyisipkan iklan ke dalam layar dalam produknya. Hal itu yang membuat mereka bisa menjual lebih murah produknya karena sudah tersubsidi dari iklan-iklan tersebut.

Semua ponsel Realme yang menjalankan ColorOS 6 dan di atasnya akan menerima pembaruan yang memungkinkan iklan. Rekomendasi konten akan mempromosikan aplikasi dan tautan komersial.

Iklan akan muncul di aplikasi Manajer Telepon dan halaman Pemeriksaan Keamanan setelah menginstal aplikasi baru. Tampaknya sistem iklan akan "memastikan perlindungan privasi Anda dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang relevan", demikian menurut Realme.

Tapi tenang saja, jika para pengguna Realme yang sudah ponselnya ke ColorOS 6 merasa terganggu dengan kemunculan iklan, maka bisa dinonaktifkan, berikut caranya seperti dilansir True Tech:


1. Buka Setting.

2. Lalu klik Additional Setting.

3. Klik pada Get Recommendations

4. Geser toggle "Recieve app and content recommendations in system apps such as Download Management" ke nonaktifkan.

Setelah itu, iklan bakal otomatis dinonaktifkan dan tidak akan muncul lagi dari aplikasi-aplikasi bawaan Realme. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi laman resmi Realme atau dapat mengklik link berikut ini Realme - Here's how to remove content recommendations in ColorOS.


Baca juga artikel terkait REALME atau tulisan menarik lainnya Dewi Sekar Pambayun
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight