Cara Menonaktifkan Fitur Retweet pada Twitter

Oleh: Balqis Fallahnda - 22 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan fitur retweet pada media sosial Twitter.
tirto.id - Tweet dan Retweet di Twitter memang aktivitas yang mengasyikan, namun kadang kala saat membuka beranda, timeline Twitter Anda dipenuhi dengan Retweet dari akun-akun yang diikuti.

Retweet adalah memunggah kembali sebuah tweet. Fitur retweet di Twitter membantu pengguna dan orang lain dengan cepat membagikan tweet ke semua pengikut.

Padahal, alasan mengikuti akun tersebut karena kalian menyukai tweet dari akun tersebut bukan karena kalian ingin mengetahui tentang apa yang akan mereka Retweet.

Bagi pengguna yang menghadapi dilema seperti ini, kabar baik datang dari Twitter karena hari ini Twitter mengumumkan pada akun resminya @TwitterSupport bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur Retweet pada akun yang tidak diinginkan muncul Retweet pada timeline.

Cara Menonaktifkan Retweet

Berikut cara menonaktifkan Retweet dilansir dari laman resmi Help Twitter:

1. Pilih Matikan Retweet dari halaman profil akun untuk berhenti melihat Tweet yang telah mereka Retweet (sentuh ikon roda gigi di iOS atau klik atau sentuh ikon titik tiga di web dan Android).

2. Mengaktifkan atau menonaktifkan Retweet tidak berlaku pada tindakan sebelumnya, artinya pengguna tidak dapat menghapus Retweet yang sudah ada di timeline pengguna.

3. Perlu diingat, tidak mungkin menonaktifkan semua Retweet dari semua akun yang pengguna ikuti.

Di samping menonaktifkan fitur Retweet pada akun yang diikuti, Twitter juga memungkinkan penggunanya untuk membatalkan atau menghapus Retweet.

Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan simbol Retweet (seperti ikon daur ulang) dengan begitu Retweet pasti akan langsung terhapus dari timeline pengguna.

Perlu diketahui, fitur Retweet tidak dapat digunakan pada akun yang terkunci. Jika melihat ikon gembok di samping nama seseorang di halaman profil mereka atau di Tweet mereka, Tweet mereka dilindungi dan tidak akan bisa me-Retweet konten mereka.

Tidak ada batasan maksimal berapa kali sebuah Tweet dapat di-Retweet, tetapi Twitter hanya akan menampilkan maksimal 100 orang yang paling baru me-Retweet Tweet tersebut ke publik.

Retweet dapat dilakukan hingga mencapai batas maksimal 1.000 Tweet per hari.


Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight