Cara Menonaktifkan Akun Instagram (IG) untuk Sementara & Dampaknya

Oleh: Ibnu Azis - 3 Februari 2020
Cara menonaktifkan akun IG untuk sementara dan alasan serta dampak bila melakukannya.
tirto.id - Cara menonaktifkan akun instagram (IG) untuk sementara tak sulit, hanya dibutuhkan lima langkah saja. Akan tetapi, ada dampak yang harus diketahui sebelum memutuskan melakukan itu.

Muncul pertanyaan kemudian, mengapa akun Instagram harus dinonaktifkan untuk sementara waktu? Dipna (25), seorang karyawan swasta di Yogyakarta pada Senin (3/2/2020) menjelaskan salah satu penyebabnya.

"Karena social media detox mas," jawabnya singkat.

Mengutip Lifehack.org, social media detox adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan atau bahkan menghentikan sama sekali aktivitas di media sosial.

Ada banyak alasan mengapa melakukan itu, di antaranya yaitu terlalu jenuh, adiksi, melindungi privasi, termasuk terobsesi dengan masa lalu.

Mengutip laman Instagram Help, ada dampak yang harus ditanggung ketika akun Instagram dinonaktifkan untuk sementara waktu.

"Jika Anda menonaktifkan sementara akun Anda, profil, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan hingga Anda mengaktifkan ulang dengan cara login kembali," penjelasan Instagram.

Berikut cara menonaktifkan akun instagram untuk sementara:

  1. Login ke Instagram.com dari browser seluler atau komputer. Anda tidak bisa menonaktifkan sementara akun dari dalam aplikasi Instagram
  2. Ketuk atau klik di kanan atas, lalu pilih "Edit Profil"
  3. Gulir turun, lalu ketuk atau klik "Nonaktifkan" sementara akun saya di kanan bawah
  4. Pilih opsi dari menu pilihan di samping "Mengapa Anda menonaktifkan akun?" dan masukkan kembali kata sandi Anda. Opsi untuk menonaktifkan akun Anda hanya akan muncul setelah Anda memilih alasan dari menu tersebut
  5. Ketuk atau klik "Nonaktifkan Sementara Akun"

Sebagai informasi, pengguna perlu login ke akun untuk menonaktifkannya sementara. Jika tidak ingin menonaktifkan akun tetapi ingin mengubah siapa saja yang bisa melihatnya, atur postingan menjadi pribadi atau blokir orang tertentu.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight