Puasa Media Sosial

Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara di Komputer, Apa Bisa di HP?

Penulis: Abdul Hadi - 24 Mei 2022 16:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara menonaktifkan IG di komputer. Sejauh ini, akun Instagram belum bisa dinonaktifkan lewat HP.
tirto.id - Apabila tidak digunakan dengan baik, media sosial dapat berefek buruk bagi kesehatan mental. Salah satu media sosial populer yang kerap digunakan adalah Instagram. Untuk menyiasati hal itu, sebenarnya pengguna dapat berpuasa media sosial dalam beberapa waktu. Berikut ini cara menonaktifkan akun IG sementara di komputer. Sejauh ini, upaya menonaktifkan IG tidak bisa dilakukan lewat HP, hanya bisa melalui komputer.

Orang yang keranjingan media sosial cenderung terjauhkan dari realitas, serta akan menggandrungi dunia maya. Ketergantungan pada media sosial berpotensi mengganggu komunikasi sehari-hari.

Meskipun media sosial dapat mendekatkan yang jauh, ia juga dapat menjauhkan hal-hal yang dekat. Kendati demikian, jika digunakan dengan proporsional, media sosial dapat berguna secara signifikan bagi kehidupan seseorang.

Akan tetapi, jika paparan media sosial sudah berlebihan, dampaknya amat buruk bagi kesehatan mental.

Dampak buruk media sosial itu mencakup kecanduan atau adiksi medsos, khawatir ketinggalan berita (fear of missing out/FOMO), tidak puas dengan penampilan sendiri (self-image issues), hingga perundungan siber (cyber bullying).

Salah satu solusi untuk mengatasi dampak buruk itu adalah dengan puasa sejenak dari media sosial. Caranya adalah dengan menonaktifkan Twitter, Instagram, atau Facebook, dan sebagainya dalam waktu tertentu, kemudian dapat diaktifkan lagi jika dibutuhkan.

Akan tetapi, artikel kali ini hanya akan membahas terkait media sosial Instagram, serta cara menonaktifkannya sementara waktu.


Cara Menonaktifkan Instagram di Komputer, Tidak Bisa Lewat HP


Jika pengguna menonaktifkan Instagram-nya sementara waktu, profil, foto, komentar, dan sebagainya akan disembunyikan oleh pihak Instagram.

Orang lain yang mencari profil pengguna tersebut tidak akan menemukan akun yang dinonaktifkan. Akun itu baru kembali terlihat apabila pengguna mengaktifkannya kembali.

Sejauh ini, upaya menonaktifkan Instagram hanya bisa dilakukan lewat komputer, belum bisa lewat ponsel.

Berikut ini cara menonaktifkan Instagram di komputer, sebagaimana dikutip dari laman resmi Instagram.

1. Masuk ke akun Instagram Anda.

2. Klik bagian profil, kemudian tekan "Edit profile"

3. Tarik ke bawah (scroll down), kemudian klik "Temporarily deactivate my account" di bagian kanan bawah.

4. Pilih opsi dari menu di dekat tanda "Why are you deactivating your account?/Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?", lalu masukkan kembali kata sandi.

5. Pilihan untuk menonaktifkan akun Anda hanya akan muncul setelah Anda memilih alasan dari menu dan memasukkan kata sandi Anda.

6. Klik "Temporarily deactivate account", kemudian tekan "Yes".


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight