Cara Meningkatkan Mood dengan Konsumsi Makanan yang Tepat

Oleh: Yonada Nancy - 9 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah daftar makanan yang diyakini bisa meningkatkan suasana hati.
tirto.id - Makanan tidak hanya menjadi kebutuhan fisik namun juga kebutuhan emosional. Banyak orang merasakan peningkatan suasana hati (mood) setelah mengonsumsi makanan tertentu. Hal tersebut memang benar adanya.

Northwest Primary Care (NWPC) menyebutkan bahwa saluran gastrointestinal atau tempat sistem pencernaan manusia merupakan penghasil terbesar serotonin. Setidaknya 90 persen serotonin tubuh diproduksi oleh mikrobioma dalam usus.

Serotonin merupakan neurotransmiter yang berperan dalam mengatur suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual. Saat serotonin bekerja, yakni berinteraksi dengan sistem pencernaan dan otak, dipengaruhi oleh makanan apa yang dikonsumsi. Makanan yang bernutrisi dinilai dapat membantu otak bekerja dengan baik dan berkaitan dengan peningkatan suasana hati.

Konsumsi makanan yang mengandung zat-zat berikut

Salah satu kandungan makanan yang baik untuk meningkatkan suasana hati adalah omega-3. Dilansir Healthline, omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak dan memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. Studi yang dipublikasikan oleh National Libarary of Medicine (NLH) pada 2016 menyebutkan bahwa konsumsi makanan tinggi omega-3 berkontribusi dalam penurunan berbagai masalah mental.

Makanan yang mengandung vitamin B juga dinilai baik untuk suasana hati. Dilansir Culinary Nutrition, vitamin B membantu meredakan stres dan mendukung sistem saraf. Vitamin B juga merupakan faktor pendamping dalam membantu kesehatan otak dan membantu merumuskan neurotransmiter.

Selain itu, beberapa ahli menyebut kandungan kafein dalam makanan mampu memengaruhi mood. Menurut Healthine, kafein secara kimiawi mirip dengan cannabinoid (kandungan aktif mirip ganja) yang telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Kandungan-kandungan lain dalam makanan yang dinilai dapat memengaruhi suasana hati adalah antioksidan, serat, dan karbohidrat.

Apakah gula efektif meningkatkan mood?

Banyak orang percaya bahwa kandungan gula diklaim sebagai salah satu hal yang membuat perasaan bahagia. Sebab, kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ini yang mengakibatkan stres dan mudah tersinggung. Namun Very Well Mind mencatat bahwa perasaan bahagia yang bersumber dari gula tidak bertahan lama. Gula memang dapat memberikan efek puas setelah dimakan dalam keadaan stres atau kesal.

Apabila dilakukan terlalu sering, dapat mengakibatkan penurunan gula darah dengan cepat sehingga perasaan stres mudah muncul. Untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, ada baiknya makan dengan teratur dan tidak melewatkan jam makan. Berikan jadwal khusus dalam satu hari untuk mengonsumsi camilan mengandung gula.

Makanan yang bisa meningkatkan mood

Apakah ada makanan yang bisa meningkatkan mood? Jawabannya ya. Ada makanan-makanan yang diklaim mampu meningkatkan mood. Menurut Healthline, beberapa di antaranya adalah:

  • Ikan berlemak yang mengandung omega-3 dan lemak baik lainnya, seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna.
  • Cokelat, karena mengandung kafein dan gula.
  • Makanan fermentasi seperti kimchi, yoghurt, dan kefir.
  • Pisang yang kaya akan vitamin B.
  • Oat, termasuk granola, oatmeal, dan muesli yang mengandung serat.
  • Keluarga berry, seperti strawberry, raspberry, dan blueberry yang mengandung antioksidan tinggi.



Baca juga artikel terkait MOOD atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight