Cara Mengusir TIkus dari Kap Mesin Mobil dengan Wewangian

Kontributor: Muhammad Agung, tirto.id - 12 Nov 2020 10:55 WIB | Diperbarui 12 Nov 2020 11:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengusir tikus dari kap mobil bisa dilakukan dengan rutin membersihkan bagian mesin atau menaruh wewangian yang menyengat.
tirto.id - Tikus yang masuk ke bagian mobil membahayakan. Hewan pengerat ini bisa menggigit kabel yang bisa jadi menyebabkan komponen mobil rusak. Selain juga bau dari tikus membuat aroma mobil kurang sedap. Lalu bagaimana cara mengusir tikus dari dalam kap mesin mobil?

1. Menggunakan Kamper atau cairan anti tikus ke dalam kap Mobil

Hewan pengerat satu ini sangat benci dengan aroma kapur barus atau bau-bau lain yang menyengat. Jadi untuk cara satu ini cukup simpel. Hancurkan dan haluskan kapur barus atau kamper. Kemudian taburkan di setiap sudut kap mesin mobil. Pastikan semua area mesin mobil sudah ditaburi agar mengurangi datangnya tikus ke dalam kap mesin mobil.


Anda juga bisa membeli semprotan cairan anti tikus di gera asesoris otomotif. Namun, cairan tersebut bersifat sementara. Oleh karena itu lebih baik menyemprotkan ke kain hingga basah kemudian dikaitkan di sela-sela filter udara. Agar aromanya menyebar dan bisa mengusir tikus yang hendak masuk ke kap mobil anda.

2. Selalu Menjaga Kebersihan Kendaraan

Jika pernah menemukan tikus masuk ke kap mesin mobil, segera bersihkan area tersebut. Pastikan tidak ada bekas makanan dan jejak tikus. Semprotkan dengan aroma wangi-wangian agar kembali bersih. Ingatlah agar rutin membersihkan kendaraan anda setiap hari.

3. Tidak Lupa untuk Memanaskan Mesin Setiap Hari

Kebiasaan untuk rutin memanaskan mesin mobil, membuat kap mesin mobil menjadi tidak lembab. Tempat yang kering, pasti tidak akan nyaman untuk seekor tikus. Jadi jika dirasa sering menjumpai tikus di kap mesin. Lakukanlah memanaskan mesin 3 – 5 menit setiap hari.

4. Menggunakan Lampu LED di Kap Mesin Mobil

Jika dirasa masih ditemukan tikus di dalam kap mesin. Sebaiknya anda memasang Lampu LED bervoltase rendah di dalam kap mesin. Lampu ini berfungsi untuk menerangi sela-sela kap mesin yang gelap.


Tikus adalah hewan akan mendiami tempat yang gelap. Setelah mobil anda parkir, nyalakan lampu LED agar mencegah masuknya tikus ke kap mesin.

5. Hindari Parkir Mobil di Tempat Kotor dan Bau

Apabila kalian sudah memasang Lampu LED tapi tetap menemukan tikus di dalam kap mesin. Coba perhatikan posisi parkir. Hindari tempat-tempat kotor dan bau jika anda ingin memarkir kendaraan Anda, seperti dekat selokan maupun tempat sampah.

Garasi yang kotor juga bisa mengundang tikus masuk ke kap mobil. Maka dari itu pastikan garasi bersih dan tidak ada bau yang menyengat.

6. Gunakan Alat Pembasmi Tikus

Cara ini merupakan cara yang paling ekstrem. Jika keadaan kap mobil anda berhasil diserang oleh tikus yang menyebabkan kerusakan parah di bagian kabel mesin. Sudah semestinya anda memakai cara yang ekstrem ini.

Dengan menggunakan alat ultrasonic pembasmi tikus yang mampu membasmi tikus dalam jumlah banyak dengan cepat. Dengan meletakkan alat ini di dalam kap mesin, nantinya alat ini akan mengeluarkan suara yang mengganggu sehingga tidak akan pernah didatangi tikus selama alat itu bekerja.

Namun, alat ultrasonic biasanya memakan aki listrik sangat banyak. Karena, alat itu akan terus bekerja semalaman dengan menggunakan arus listrik yang bersumber dari aki.



Baca juga artikel terkait MOBIL atau tulisan menarik lainnya Muhammad Agung
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Muhammad Agung
Penulis: Muhammad Agung
Editor: Agung DH

DarkLight