Cara Mengusir Kecoak dan Serangga di Dapur dengan Bahan Alami

Oleh: Aditya Priyatna Darmawan - 16 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara mencegah dan mengusir kecoak di dapur dengan menggunakan bahan alami.
tirto.id - Kecoak dan beberapa serangga kecil merupakan hewan yang mengganggu dalam kehidupan di rumah.

Hewan kecil ini sering kali ditemui di kamar mandi, lemari atau dapur. Namun, tidak dipungkiri bila menemukannya di pojok atau ujung ruangan lainnya yang kotor.

Beberapa serangga khususnya kecoak dapat berjalan dan terbang dengan lincah yang membuat hewan ini susah untuk diusir. Lebih buruk lagi bila kecoak tersebut terbang ke arah Anda.

Bukan hanya mengganggu, serangga yang biasanya hidup di lingkungan kotor dapat menyebarkan kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti alergi hingga asma.

Dilansir dari laman bhg.com.au, kecoak dan serangga kecil lainnya tertarik pada sumber makanan yang mudah diakses baik itu makanan manusia, makanan hewan atau bahkan karton, lem, dan sabun.

Jangan tinggalkan makanan, piring dan piring kotor, bersihkan bagian bawah peralatan secara teratur dan pastikan tempat sampah Anda tertutup dengan baik dan dibuang secara teratur.

Usahakan agar piring makanan hewan tetap bersih dan bersih semalaman. Hewan kecil tersebut juga menyukai lingkungan yang hangat dan lembab, itulah sebabnya mereka tertarik pada dapur dan kamar mandi. Periksa kebocoran di sekitar bak cuci dan saluran pembuangan.

Selain bentuk pencegahan di atas, kita dapat menggunakan beberapa alat seperti perangkap serangga atau spray pengusir serangga.

Selain dengan alat itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa bahan sebagai bentuk pencegahan dan pengusiran serangga kecil khususnya kecoa.

Dilansir dari Times of India, terdapat beberapa bahan yang Anda dapat gunakan sebagai bentuk pencegahan dan pengusiran serangga kecil termasuk kecoak.

1. Air panas dan cuka

Ambil air panas, campur 1 porsi cuka putih dan aduk rata, bersihkan lempengan dan bersihkan di sekitar bagian atas masak dengan larutan ini dan tuangkan larutan ini ke saluran pembuangan dapur di malam hari, ini akan mendisinfeksi pipa dan saluran pembuangan dan akan mencegah kecoak memanjat ke dapur.

2. Air lemon panas dan soda kue

Campurkan 1 lemon, 2 sendok makan soda kue dalam 1 liter air panas, aduk rata dan tuangkan ke saluran pembuangan atau cuci area di bawah wastafel atau lempengan dengan larutan ini untuk menghentikan perkembangbiakan kecoak di dapur.

3. Asam borat dan gula

Campurkan sedikit asam borat dan gula, lalu sebarkan ke tempat-tempat kecoak berkembang biak. Sementara gula memikat serangga, asam borat segera membunuh mereka.

4. Minyak esensial

Semprotkan saja beberapa minyak esensial di sekitar dapur dan lemari, dan biarkan aromanya menyebarkan keajaibannya.

5. Mentimun

Simpan beberapa irisan di sekitar tempat Anda menemukan kecoak dapat menjauhkannya dari dapur Anda.

6. Ekstrak daun neem

Simpan beberapa lembar daun mimba di dapur dan Anda dapat menyaksikan perubahannya hanya dalam 3 hari.

Anda juga bisa menyemprotkan sedikit minyak neem yang dicampur dengan air panas untuk menghentikan perkembangbiakan kecoak dan serangga di dapur.

7. Kayu manis

Taburkan bubuk kayu manis yang baru digiling di sekitar dapur dan jauhkan kecoak ini dari perkembangbiakan.

Esensi kayu manis yang kuat dapat mencegah serangga ini memanjat lempengan dan lemari dapur.

Dengan beberapa cara dan bahan tersebut, rumah akan terhindar dari kecoak dan serangga kecil lainnya yang membahayakan kesehatan.



Baca juga artikel terkait CARA MENGUSIR KECOAK DI DAPUR atau tulisan menarik lainnya Aditya Priyatna Darmawan
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Aditya Priyatna Darmawan
Penulis: Aditya Priyatna Darmawan
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight