Update Vaksin Corona

Cara Mengurangi Efek Samping Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Oleh: Dhita Koesno - 2 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Update vaksin Corona: cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping usai divaksin Covid-19.
tirto.id - Semua vaksin, termasuk untuk COVID-19, memiliki kemungkinan efek samping.

Di seluruh dunia, saat ini ada 15 vaksin COVID-19 yang diizinkan untuk digunakan di masing-masing setidaknya satu negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, efek samping yang paling umum setelah divaksinasi COVID-19 adalah kelelahan, demam, sakit kepala, nyeri tubuh, kedinginan, mual, diare, dan nyeri di tempat suntikan.

Setiap orang memiliki dampak yang berbeda setelah vaksinasi. Beberapa orang mungkin mengalami sedikit atau tidak ada efek samping, sementara yang lain dapat mengalami banyak efek samping dan merasa sangat sakit.

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek samping usai divaksin COVID-19?

Siapa pun yang khawatir tentang efek samping vaksinasi mungkin bertanya-tanya apakah mereka harus minum obat yang dijual bebas sebelum mendapatkan vaksin, untuk menangkal efek samping sebelum terjadi.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak merekomendasikannya. Meskipun mengambil langkah-langkah untuk mencegah gejala masalah kesehatan lainnya adalah ide yang baik, itu tidak boleh terjadi.

Yang terbaik adalah menunggu dan melihat apakah ada efek samping yang muncul, lalu obati secara individual, bukan menebak-nebak dan mengonsumsi beberapa produk yang dijual bebas sebelumnya.

Bisa juga mengunjungi apoteker setempat sebelum mengambil obat yang dijual bebas untuk mengurangi efek samping dari vaksin, karena seorang apoteker mengetahui obat dan riwayat medis seseorang, mereka memiliki pemahaman yang baik tentang interaksi apa pun yang mungkin terjadi.

Tetapi bagaimana jika seseorang tidak dapat menghubungi apoteker dan membutuhkan bantuan segera saat mengalami nyeri otot, nyeri tempat suntikan, demam, atau kombinasi dari masalah ini?

Berikut yang bisa dilakukan seperti seperti dikutip laman Medical News Today:

1. Meminum obat seperti ibuprofen (Advil), asetaminofen atau parasetamol (Tylenol) dan aspirin.

2. Pengobatan rumahan

Bagi siapa saja yang memilih untuk tidak minum obat bebas atau mencari perawatan tambahan, beberapa teknik perawatan diri dapat membantu meringankan efek samping vaksinasi COVID-19.

Untuk reaksi di tempat suntikan, seperti nyeri atau bengkak, gunakan waslap basah yang bersih dan dingin untuk membuat kompres. Ini mungkin juga bisa membantu saat Anda mengalami nyeri otot dan sendi.

Untuk mengurangi rasa sakit atau kaku pada lengan, gerakkan lengan sebanyak mungkin.

Meski tampaknya berlawanan dengan intuisi dan menyebabkan sedikit ketidaknyamanan, tetapi cara ini dapat membantu mencegah kekakuan lebih lanjut dengan mengendurkan otot yang sakit.

Saat mengalami kedinginan dan demam ringan, perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi. Mengenakan pakaian berjenis bahan ringan juga dapat membantu mencegah kepanasan.


Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight