Cara Mengubah Font pada Coreldraw dan Memilih Jenis Huruf Teks

Kontributor: Olivia Rianjani - 29 Des 2021 13:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bagaimana cara mengubah huruf text atau mengganti jenis font? Berikut langkah selengkapnya.
tirto.id - CorelDRAW adalah software pengolah objek berbasis vektor yang digunakan berbagai macam desain grafis. Produk yang dihasilkan dari aplikasi ini di antaranya setting cover, layout, iklan, brosur, undangan, kartu nama, dan lainnya.

Kelebihan CorelDRAW, yakni saat membuat desain diperbesar (zoom). Berapa besaran gambar, tidak akan pecah.Serta software ini berbasis vektor.

CorelDRAW terdapat unsur-unsur antara lain shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. Serta prinsip-prinsip yang terdiri dari keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion), dan kesatuan (unity).


Cara Mengubah Huruf Text Atau Mengganti Jenis Teks Pada Font


Dikutip dari Modul Teknologi Informasi Dan Komunikasi Eko Supriyadi dkk, hal yang dilakukan untuk mengubah huruf yaitu dengan posisikan kembali pointer mouse pada pick tool, aktifkan teks yang akan diolah, hingga teks terkotaki.

Selanjutnya klik menu text, dan pilih format text. Lalu klik tab character dan ubahlah teks sesuai selera anda.

Terdapat Jenis 2 Model Teks, Yakni Teks Artistik Dan Teks Paragraf :

1. Teks Artistik
Teks artistik merupakan jenis teks yang digunakan atau ditambahkan dengan jumlah baris yang pendek. Dan digunakan untuk keperluan seperti judul, logo type dan sebagainya.
a. Cara membuat teks artistik

  1. Arahkan pointer pada toolbox lalu klik text Tool.
  2. Klik pada layar kerja kosong untuk mulai mengetik.
  3. Klik pointer pick tool kemudian tekan esc pada keyboard atau klik pointer pick tool pada area kosong.
b. Cara menyunting teks artistik
  1. Pilih sebuah teks yang dibuat dengan text tool.
  2. Tambahkan atau kurangi teks yang akan disunting.

2. Teks Paragraf

Teks paragraf merupakan sejenis teks yang digunakan sebagai penambahan teks dengan jumlah yang cukup banyak dan membutuhkan lebih pemformatan dibandingkan teks artistik. Sebelum mengetikkan sesuatu pada sebuah teks paragraf, anda harus membuat frame teks pada setiap objek paragraf dalam jendela drawing area.

Pada frame teks ini terdapat ukuran yang pasti dan ukuran otomatis. Teks model ini sering digunakan pada microsoft word atau software pengolah kata lainnya. Didalam teks berupa tabulasi, margin, perataan paragraf, wrap teks, dan spelling checker. Teks paragraf biasanya digunakan untuk majalah, company profile, , koran, dan sejenisnya.


Cara untuk membuat teks paragraf yakni sebagai berikut :

  1. Arahkan pointer pada toolbox, kemudian klik text tool dan lakukan drag untuk menentukan besarnya luas (luas frame) pengetikan terlebih dahulu.
  2. Mulai mengetik. Selanjutnya klik pointer pick tool lalu tekan Esc pada keyboard atau klik pointer pick tool pada area kosong.

CorelDRAW juga memberikan pilihan pemformatan teks paragraf yang bervariasi. Untuk mengubah atribut font tersebut, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pilih teks yang akan diubah atributnya.
  2. Klik menu text, lalu klik format text.
  3. Klik tab paragraf pada kotak dialog format text.
  4. Spesifisikan atribut paragraf yang diinginkan.


Baca juga artikel terkait CORELDRAW atau tulisan menarik lainnya Olivia Rianjani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Olivia Rianjani
Penulis: Olivia Rianjani
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight