Cara Mengobati Kadas dengan Bahan Alami: Ada 5 Rekomendasi

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 16 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah obat alami, termasu bawang putih dan kunyit, bisa dipakai untuk mengatasi kadas di kulit.
tirto.id - Kadas atau tinea corporis merupakan ruam pada kulit tubuh yang disebabkan infeksi jamur. Pada umumnya, kadas berupa ruam merah, gatal, dan memiliki bentuk melingkar dengan kulit yang lebih bersih di bagian tengahnya.

Seperti ditulis di laman Mayo Clinic, ada tiga bagian tubuh yang kerap menjadi tempat kadas atau kurap muncul: kaki (tinea pedis), selangkangan (tinea crusis), dan kulit kepala (tinea capitis).

Kadas pun dapat ditularkan bila seseorang melakukan kontak langsung kulit ke kulit dengan orang atau hewan yang memiliki kurap.

Biasanya, orang yang memiliki kadas sering mengoleskan obat antijamur topikal di bagian kulit yang terkena kadas. Untuk kasus parah, pil antijamur pun kerap dikonsumsi guna mengatasinya.

Meski begitu, ada beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kadas. Berikut ini perinciannya, seperti dirangkum dari Medical News Today dan Healthline.

1. Bawang putih

Bawang putih sering digunakan untuk mengobati infeksi. Meski belum ada penelitian yang meneliti efek bawang putih pada kadas, bawang putih terbukti efektif untuk mengatasi jenis jamur lain seperti Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.

Untuk menggunakannya, Anda dapat membuat pasta dari beberapa suing bawang putih yang dihancurkan dan mencampurkannya dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan selapis tipis pasta tersebut ke bagian kadas dan tutupi dengan kain kasa. Tunggu selama dua jam sebelum dibilas.

Anda dapat mengulanginya dua kali sehari hingga gejalanya tidak nampak lagi. Sebaiknya hentikan penggunaan bila terdapat efek samping seperti perih, bengkak, atau kemerahan.

2. Minyak pohon teh atau tea tree oil

Banyak masyarakat Australia menggunakan minyak pohon teh sebagai antijamur dan antibakteri. Dengan tujuan tersebut, Anda juga dapat memakainya untuk mengobati kadas.

Oleskan minyak tersebut langsung ke bagian kadas di kulit tubuh Anda selama dua atau tiga kali sehari dengan kapas. Jika Anda memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk mengencerkan minyak pohon teh tersebut dengan minyak kelapa yang juga memiliki manfaat membunuh jamur.

3. Air sabun hangat

Untuk mencegah kadas menyebar dan menginfeksi area kulit lainnya, jaga kulit sebersih mungkin. Bilas infeksi dengan sabun dan air hangat sekali atau dua kali sehari. Pastikan untuk mengeringkan kulit sepenuhnya karena jamur dapat tumbuh subuh di area yang lembab.

4. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk antibakteri dan anti-inflamasi. Salah satu bahan bumbu masakan tersebut juga memiliki sifat antijamur yang efektif untuk menghambat pertumbuhan kadas.

Campurkan kunyit bubuk atau bumbu kunyit dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke kulit Anda yang terkena kadas dan biarkan mengering. Anda pun dapat meminum air kunyit atau teh kunyit setiap hari untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung enam agen antiseptik yang dapat menghambat aktivitas jamur, antibakteri, dan antivirus. Maka, lidah buaya bisa pula digunakan untuk melenyapkan kadas di kulit.

Anda dapat mengoleskan gel dari tanaman lidah buaya ke bagian kadas selama tiga hingga empat kali sehari. Di sisi lain, lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat meredakan gatal dan kulit bengkak.


Baca juga artikel terkait PENYAKIT KULIT atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight