Cara Menghubungkan Smartphone ke Televisi Non-Smart TV

Oleh: Khairul Ma'arif - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ada dua cara untuk menghubungkan smartphone ke televisi non-Smart TV, yakni pakai alat sejenis Chromecast dan via kabel.
tirto.id - Cara menghubungkan smartphone ke Smart TV sudah umum diketahui lantaran tersedia fiturnya. Namun, bagaimana cara menghubungkan ponsel pintar ke televisi LCD/LED atau non-Smart TV?

Kemajuan teknologi membuat batas-batas akses kini seakan runtuh. Terhubungnya smartphone ke televisi LCD/LED sekarang bukan menjadi kecanggihan yang hanya ditawarkan oleh Smart TV.

Saat smartphone terhubung ke televisi, pengguna akan merasakan sensasi visual dengan layar yang lebih besar. Ini akan jadi pengalaman baru bagi pengguna, khususnya mereka yang gemar bermain game.

Selain pengalaman gaming, menonton video atau melihat foto-foto yang tersimpan di smartphone juga bisa dinikmati dengan layar yang lebih besar.

Melansir Techradar, Jumat (11/10/2019), ada dua cara untuk menghubungkan smartphone ke televisi non-Smart TV, yakni menggunakan jaringan nirkabel dan dengan kabel.

1. Menggunakan Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel membutuhkan perangkat keras khusus sebagai alat untuk menerima sinyal dari smartphone ke televisi. Salah satu perangkat populer di cara ini adalah Chromecast, alat 'streaming' bikinan Google.

Chromecast saat ini sudah tersedia di Indonesia yang bisa diperoleh di e-commerce populer. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah Chromecast 'dicolokkan' ke televisi, tinggal dihubungkan ke smartphone melalui menu Mirror Device.

Menu Mirror Device bisa dijumpai di Settings ponsel. Di menu ini, pilih CAST SCREEN/AUDIO > Cast to > cari Chromecast. Setelah terhubung, maka layar di smartphone akan ditampilkan di televisi.

Bisa dikatakan, Chromecast adalah 'jembatan' antara smartphone dengan televisi.

2. Menggunakan Kabel

Cara kedua yakni menggunakan kabel HDMI di televisi. Cara ini cukup ribet lantaran di smartphone membutuhkan kabel konverter, dari micro USB/USB Type-C ke HDMI. Kabel konverter ini juga bisa ditemukan di e-commerce populer.

Saat pertama kali dihubungkan, perlu adanya perizinan. Tap YA/YES saat izin itu muncul di layar smartphone.

Dari dua cara itu, cara pertama dianjurkan lantaran tak ribet dan proses menghubungkan cukup mudah. Namun, harga Chromecast tak semurah kabel konverter HDMI.

Selain itu, smartphone terhubung ke Chromecast juga menguras baterai. Itu terjadi lantaran ponsel wajib terus mengirimkan 'sinyal' ke Chromecast tanpa putus.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Khairul Ma'arif
(tirto.id - Teknologi)

Kolumnis: Khairul Ma'arif
Penulis: Khairul Ma'arif
Editor: Ibnu Azis
DarkLight