Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami & Apakah Aman Dilakukan?

Oleh: Yonada Nancy - 16 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan apakah aman menghilangkan tahi lalat dari segi kesehatan?
tirto.id - Tumbuh tahi lalat di permukaan area kulit merupakan hal yang wajar. Tahi lalat sendiri merupakan titik hitam atau berwarna gelap yang muncul di beberapa area tubuh.

Menurut Mayo Clinic, tahi lalat umumnya tumbuh selama masa kanak-kanak hingga remaja. Setiap orang normalnya memiliki 10 hingga 40 tahi lalat di tubuhnya.

Kemunculan tahi lalat tidaklah berbahaya, meski beberapa tipe tertentu dapat mengindikasikan adanya risiko kanker kulit.

Bagi beberapa orang tahi lalat dianggap merusak penampilan. Hal ini menyebabkan banyak orang yang berusaha menghilangkan tahi lalat di kulit.

Menghilangkan tahi lalat umumnya dilakukan dengan prosedur bedah kosmetik yang dilakukan oleh dokter.

Namun, untuk melakukan prosedur ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini membuat banyak orang mencari cara untuk menghilangkan tahi lalat secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan rumahan.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat


Bahan-bahan yang dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat secara alami

Beberapa pihak mengklaim bahwa tahi lalat dapat dihilangkan secara alami. Cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Dikutip laman Times of India, terdapat sejumlah bahan-bahan rumahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat, di antaranya:

1. Bawang putih

Bawang putih dianggap memiliki senyawa panas yang dapat 'membakar' tahi lalat.

Pasta bawang putih dan bawang putih yang telah dihaluskan memang kerap disarankan oleh banyak orang untuk menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, kutil, dan flek.

2. Cuka apel

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan bahan lainnya yang dianggap mampu menghilangkan tahi lalat. Kandungan malic dan tartaric yang terdapat dalam cuka apel dianggap dapat meluruhkan tahi lalat.

3. Jus Nanas

Jus nanas dipercaya memiliki kemampuan anti-bakterial. Kandungan yang dimiliki jus nanas ini membuat banyak dimanfaatkan dalam berbagai krim kecantikan.

Times of India mengklaim bahwa mengusapkan jus nanas dan garam laut secara rutin dianggap dapat menghilangkan lapisan atas tahi lalat.

4. Lidah buaya

Sama seperti jus nanas, lidah buaya juga dianggap memiliki sifat antibakteri. Meskipun tidak bertindak seabrasif cuka apel dan bawang putih, lidah buaya dipercaya mampu memudarkan tampilan tahi lalat.

5. Minyak jarak

Castor oil atau minyak jarak banyak dimanfaatkan untuk berbagai permasalahan kulit. Hal ini juga yang membuatnya dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat.

Menggunakan bahan-bahan rumahan, amankah?

Bahan-bahan rumahan yang banyak disarankan di berbagai situs memang terdengar aman. Namun, bahan-bahan tersebut tidak terjamin efektif dan beberapa cenderung berisiko.

Bicara soal efektivitas, bahan-bahan rumahan tersebut berefek berbeda-beda dalam setiap kasus dan individu. Beberapa mengklaim bahwa bahan-bahan alami efektif menghilangkan tahi lalat, namun sebagian lainnya tidak.

Sementara dari sisi risiko, Healthline menyebutkan bahwa sebagian bahan-bahan yang disarankan bersifat abrasif, khususnya bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Efek panas dan asam yang terkandung dalam bahan-bahan rumahan dimanfaatkan untuk membakar atau melunturkan tahi lalat. Tetapi, metode tersebut juga dapat menyebabkan iritasi atau bahkan menimbulkan bekas luka.

Sementara bahan-bahan lainnya yang cenderung lebih aman seperti lidah buaya, masih dipertanyakan efektivitasnya.

Hal yang sama juga terjadi dengan krim penghilang tahi lalat yang dijual di pasaran.

Sebagian besar krim bekerja dengan membakar permukaan tahi lalat dan menyebakan permukaan kulit terluka. Luka yang kering akan menjadi keropeng atau koreng yang akan terlepas bersama tahi lalat.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk melakukan langkah aman untuk menghilangkan tahi lalat. Misalnya, dengan menyamarkan tampilan tahi lalat menggunakan foundation dan concealer.

Apabila memungkinkan, konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu sebelum menghilangkan tahi lalat.


Baca juga artikel terkait TAHI LALAT atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dhita Koesno
DarkLight