Cara Menghemat Kuota Internet di Android Saat Physical Distancing

Oleh: Abdul Hadi - 25 Oktober 2021
Dibaca Normal 3 menit
Agar cara menghemat paket data lebih efektif, terapkan 8 tips berikut ini. Berikut penjelasan cara menghemat kuota internet dan panduannya.
tirto.id - Cara menghemat kuota internet perlu diketahui bagi Anda yang sedang melakukan physical distancing dan menetap di rumah atau mengisolasi diri. Jangan sampai akses hiburan melalui gawai masing-masing menguras kantong karena penggunaan kuota internet yang berlebihan.

Sejak pandemi corona COVID-19 memasuki wilayah Indonesia dan untuk mengantisipasi penyebaran wabah, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain hingga dua meter, menjauhi kerumunan, dan tidak berkumpul di acara-acara yang menarik perhatian.

Lembaga-lembaga pemerintah dan swasta juga banyak yang menerapkan kerja dari rumah atau work from home, serta pembelajaran jarak jauh (remote learning). Sebagian besar porsi keduanya dilakukan dengan bantuan teknologi.

Implementasi physical distancing dan bekerja dari rumah menjadikan banyak orang merasa terkurung di kediamannya masing-masing. Dilansir dari Pychology Today, hal ini tidak mustahil menyebabkan seseorang merasa terisolasi, bosan, khawatir berlebihan, hingga mengalami stres.

Solusi sederhananya adalah dengan mencari hiburan yang paling mudah dijangkau di internet, baik itu dengan streaming video, film, maupun musik, berselancar di media sosial, hingga bermain gim melalui gawai pintar masing-masing.

Laman Geekwire menuliskan bahwa sejak terjadi pandemi corona COVID-19, banyak situs live streaming hiburan mengalami peningkatan signifikan seperti penonton Twitch yang naik 10 persen, Youtube Gaming sampai 15 persen, bahkan pelanggan Netflix naik drastis hingga nyaris 100 persen di wilayah-wilayah terdampak virus corona COVID-19.


Cara Menghemat Kuota Internet


Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghemat kuota internet untuk hiburan, terutama untuk gawai Android sebagaimana dilansir dari Fossbytes:

1. Batasi Penggunaan Data

Membatasi kuota internet yang akan digunakan adalah cara termudah untuk menghindari penggunaan data berlebihan.

Anda dapat mengatur hal ini dengan masuk ke fitur "Setelan" di ponsel Anda, kemudian ketuk "Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan". Di bagian itu, Anda dapat mengatur penggunaan maksimum data yang akan digunakan dalam waktu-waktu tertentu

Selain itu, Anda juga dapat memutus koneksi internet jika batasan kuota tersebut sudah habis.

2. Batasi Backround Apps

Beberapa aplikasi di gawai pintar dapat otomatis menyedot kuota internet, kendati ponsel tersebut tidak digunakan. Misalnya, aplikasi latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan di ponsel.

Tujuan pembaharuannya adalah memudahkan Anda untuk selalu update, terutama ketika melakukan kegiatan multitasking. Namun, tentunya tidak setiap waktu Anda perlu terus diingatkan.

Jika Anda bermaksud menghemat kuota internet, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Cara mengaturnya, masuklah ke fitur "Setelan > Penggunaan Data", dan di sana, Anda dapat memonitor aplikasi mana saja yang sudah menggunakan kuota internet dan seberapa banyak data yang disedotnya.

Jika mengetahui bahwa aplikasi latar belakang layar tersebut menyedot kuota internet cukup siginifikan, Anda dapat mengatur aplikasi tersebut agar tidak aktif di ponsel. Ketuk "Batasi data aplikasi latar belakang" atau "Restrict app background data".

Pembatasan ini akan menjadikan aplikasi latar belakang hanya akan digunakan ketika aplikasi ini dibuka saja.


3. Kompresi data di Chrome

Hingga saat ini, Google Chrome adalah satu peramban gawai pintar yang paling populer. Sebenarnya, jika kita jeli, Chrome memiliki fitur bawaan untuk menurunkan atau mengkompres kuota internet secara signifikan.

Ketika kompresi data dihidupkan, pengiriman dan traffic data disalurkan melalui proksi dari Google. Kuota data Anda akan ditekan dan dioptimalisasi sebelum dikirimkan ke gawai. Hasilnya, kuota kian hemat dan kecepatan internet semakin kencang.

Cara menyetel kompresi data di Chrome adalah dengan masuk ke "Setelan" di aplikasi Google Chrome, lalu cari "Penyimpan Data" atau "Data Saver", kemudian hidupkan.

4. Update Hanya Melalui Wi-Fi

Salah satu cara paling efektif mengurangi penggunaan kuota adalah dengan mematikan pembaharuan aplikasi otomatis di Play Store. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengubah aturan menjadi 'pembaharuan hanya dilakukan saat ada jaringan Wi-Fi'.

Cara menyetelnya adalah dengan masuk ke aplikasi Play Store, pilih "Menu > Setelan > Update Aplikasi Secara Otomatis". Pastikan Anda memilih "Update aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja" atau Anda juga dapat memilih "Jangan update aplikasi secara otomatis".


5. Batasi Penggunaan Streaming

Streaming musik dan video menyedot kuota internet dalam porsi banyak. Usahakan untuk menghindari kegiatan ini ketika menggunakan kuota internet ponsel Anda.

Untuk menyiasati konten-konten yang ingin dinikmati, Anda dapat menyimpan dan mengunduh musik atau video yang diinginkan ketika gawai sedang terhubung dengan Wi-Fi.

Jika pun memang tetap ingin melakukan streaming, Anda dapat mengurangi kualitas streaming tersebut. Misalnya, YouTube membebankan banyak kuota internet, maka kurangilah kualitas video, hanya 240p, misalnya.

Selain itu, biasanya aplikasi streaming seperti Netflix dan YouTube memiliki fitur pengehemat data untuk mengurangi kuota internet normal yang digunakan.

6. Awasi Konsumsi Data

Jangan sepelekan beberapa aplikasi yang dapat menyedot kuota internet tanpa disadari. Misalnya, mungkin Anda tidak mengetahui bahwa kadangkala aplikasi Google Photos melakukan sinkronisasi foto secara otomatis, yang akan ditampilkan di backrounds atau latar belakang ponsel Anda.

Demikian juga aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram. Keduanya seringkali membebankan banyak data Internet, apalagi sampai membuka suatu konten atau menonton video dari sana.

Beberapa alternatif aplikasi penghemat data dapat dijadikan opsi, misalnya dengan menginstal aplikasi Facebook Lite, alih-alih langsung aplikasi Facebook, ataupun TweetCaster sebagai ganti aplikasi Twitter. Beberapa platform itu menyediakan aplikasi alternatif yang hanya membebankan sedikit kuota internet.


7. Google Maps Luring

Sebenarnya, jika Anda mencari suatu lokasi tertentu di aplikasi Google Maps, lalu setelah menemukan lokasi tersebut, Google Maps akan menyimpan rutenya secara otomatis.

Dengan menyimpan lokasi dan kemudian mematikan data internet, Anda tetap dapat bepergian tanpa tersesat, serta menavigasikan lokasi menggunakan GPS secara luring. Hal ini jauh lebih menghemat data daripada menggunakan aplikasi Google Maps secara daring.

Anda dapat mengatur hal ini di aplikasi Google Maps dengan mengetuk "Menu" dan pilih "Setelan peta offline". Di sana, ketuk bilah "Pilih peta Anda sendiri" atau "Download peta offline secara otomatis".

8. Tips Pragmatis

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menghemat kuota internet dengan menerapkan cara-cara pragmatis. Artinya, gunakan kuota internet sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan keadaan tertentu. Misalnya, jika ingin mengunggah atau mengunduh fail besar, gunakan Wi-Fi, jangan paket data manual.

Selain itu, selalu matikan data internet jika tidak dibutuhkan, serta non-aktifkan juga bilah notifikasi pada aplikasi yang tidak Anda perlukan.


Baca juga artikel terkait PHYSICAL DISTANCING atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight