Cara Menggunakan YouTube Picture-in-Picture Bagi Pengguna iPhone

Oleh: Ega Krisnawati - 26 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur YouTube Picture-in-Picture masih dalam tahap percobaan dan hanya bisa dinikmati oleh pengguna Youtube premium di ponsel iPhone.
tirto.id - Pada bulan Juni 2021, Youtube mengumumkan bahwa pengguna iPhone dapat menikmati fitur YouTube Picture-in-Picture. Fitur ini tersedia hingga Oktober 2021.

Dilansir dari laman Cnet, terdapat pernyataan bahwa Apple menambahkan agar fitur YouTube Picture-in-Picture untuk iPhone yang rilis dengan iOS 14 tahun lalu.

Fitur ini, memungkinkan penggunanya untuk terus menonton video dari Youtube meski sedang melakukan aktivitas lain, seperti FaceTime ataupun memeriksa email.

Kendati demikian, fitur YouTube Picture-in-Picture masih dalam tahap percobaan dan hanya bisa dinikmati oleh pengguna Youtube premium di ponsel iPhone.

Fitur Picture-in-Picture dapat digunakan dengan cara menggeser ke atas atau menekan beranda. Setelah itu, fitur Picture-in-Picture menghadirkan fitur kontrol putar/jeda (play/pause) dan mundur/maju standar (rewind/forward controls).

Dengan fitur ini, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur memperbesar/memperkecil (enlarges/minimizes) agar menonton di Youtube bisa lebih nyaman.

Cara menggunakan fitur YouTube Picture-in-Picture

Berikut cara menggunakan fitur YouTube Picture-in-Picture, menurut laman Go to Google.

  1. Kunjungi YouTube.com/new saat masuk ke Akun Google;
    Pastikan Anda adalah pelanggan YouTube Premium (bukan hanya Youtube Music Premium)
  2. Temukan fitur YouTube Picture-in-Picture di iO
  3. Klik "Cobalah";
  4. Mulai video di aplikasi YouTube untuk iPhone (Saat ini YouTube Picture-in-Picture tidak bisa diputar di iPad);
  5. Mulai gunakan Picture-in-Picture dengan menutup aplikasi (Geser ke atas atau tombol beranda);
  6. Video akan terus diputar.
Google menyatakan bahwa saat pengguna mengunci ponselnya, maka video dengan mode YouTube Picture-in-Picture akan terjeda. Tetapi, pengguna dapat melanjutkannya dengan menggunakan kontrol media Lock Screen.

Solusi YouTube Picture-in-Picture yang tidak bekerja di iPhone

Lantas, apa solusi jika YouTube Picture-in-Picture tidak bisa bekerja di iPhone? Berikut dua cara yang dapat dilakukan.

1. Nyalakan Ulang Ponsel Anda

Fitur YouTube Picture-in-Picture tidak bisa bekerja, disebabkan oleh adanya kesalahan sementara pada modul komunikasi atau aplikasi ponsel pengguna.

Oleh karenanya, Glitch dapat dibersihkan dengan me-restart telepon. Cara pertama, tekan tombol daya ponsel hingga menu daya ditampilkan, lalu ketuk Matikan.

Kedua, tunggu hingga ponsel benar-benar mati dan kemudian hidupkan kembali. Setelah di-restart, periksa apakah YouTube Picture-in-Picture dapat berfungsi dengan baik.

2. Putar Video dalam mode potret di YouTube

YouTube Picture-in-Picture dibuat untuk bekerja dalam mode lanskap. Sehingga, mode ini kemungkinan tidak berfungsi jika Anda mencoba menggunakannya dalam mode potret.

Dalam hal ini, beralih ke mode lansekap dapat menyelesaikan masalah. Caranya:

  • Luncurkan aplikasi YouTube dan putar video;
  • Upayakan agar video berada dalam mode potret/vertikal;
  • Tekan tombol Home (atau gunakan opsi serupa untuk menampilkan gambar dalam mode gambar) dan periksa apakah YouTube Picture-in-Picture sudah dapat berfungsi dengan baik.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight