Cara Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp (WA) Android

Oleh: iswarta bima - 21 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara share location di WhatsApp (WA) Android terbaru tak sulit. Ada dua fitur yang ditawarkan: berbagi lokasi live dan berbagi lokasi saat ini.
tirto.id - Share Location merupakan salah satu fitur WhatsApp (WA) yang dapat digunakan untuk berbagi lokasi memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS). Fitur ini jadi kebutuhan bagi kebanyakan pengguna smartphone Android.

Pengguna WhatsApp dengan fitur Share Location dapat berbagi lokasi kepada orang lain tanpa harus mencari tahu atau menulis alamat lokasi dia berada saat itu.

WhatsApp menghadirkan dua opsi untuk berbagi lokasi, yakni Share Live Location atau berbagi lokasi secara real time dan Send Your Current Location atau berbagi lokasi saat ini.

Share Live Location memungkinkan pengguna berbagi lokasi kendati posisinya sedang mobile atau bergerak. Dengan kata lain, saat pengguna berpindah lokasi, misalnya sedang dalam perjalanan, lokasi yang dibagikan akan dimutakhirkan.

Sebaliknya, fitur kedua hanya berbagi lokasi terkini pengguna saat itu. Send Your Current Location akan mengirimkan titik lokasi kita saat sebelum dibagikan dan tidak berubah meski pengguna sudah berpindah tempat.


Keamanan fitur Share Location WhatsApp dilindungi dengan enkripsi ujung ke ujung yang memungkinkan pengguna bisa mengontrol dengan siapa berbagi lokasi dan untuk berapa lama. Pengguna juga dimungkinkan untuk berhenti berbagi kapan saja atau dengan pengaturan timer, Lifehacker melansir, Rabu (21/8/2019).

Cara Share Live Location WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buka ruang obrolan di kontak yang ingin berbagi lokasi
  3. Pilih ikon lampiran (berbentuk seperti peniti atau penjapit kertas)
  4. Pilih Send Your Current Location
  5. Pilih Share Live Location
  6. Selesai

Cara Send Your Current Location WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buka ruang obrolan di kontak yang ingin berbagi lokasi
  3. Pilih ikon lampiran (berbentuk seperti peniti atau penjapit kertas)
  4. Pilih Share Live Location
  5. Tentukan waktu yang diinginkan (15 menit, 1 jam, atau 8 jam) dan tambahkan keterangan bila perlu
  6. Selesai

Patut diperhatikan bahwa, fitur GPS di smartphone wajib aktif sebelum berbagi lokasi di WhatsApp dilakukan.

Melansir Techterms, GPS merupakan sistem navigasi satelit yang digunakan untuk menentukan posisi sebuah objek di permukaan bumi. Penerima GPS memerlukan jalur ruang yang relatif tidak terhalang, sehingga teknologi GPS tidak ideal jika digunakan di dalam ruangan kecuali menggunakan bantuan alat lain seperti menara seluler terdekat atau sinyal Wi-Fi.

Sebelum berbagi lokasi, pastikan sinyal seluler di lokasi lancar karena hal ini akan berpengaruh pada akurasi atau ketepatan titik lokasi pengguna berada.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya iswarta bima
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: iswarta bima
Penulis: iswarta bima
Editor: Ibnu Azis
DarkLight