Cara Menggunakan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan

Oleh: Ega Krisnawati - 26 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) agar tidak terjadi kesalahan saat memadamkan api.
tirto.id - Tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) biasanya disediakan di berbagai tempat, baik rumah pribadi, perkantoran dan tempat umum. Alat ini berfungsi dan bermanfaat untuk memadamkan kebakaran ringan atau api kecil.

Kendati demikian, ada banyak yang kurang memperhatikan prosedur pemakaian atau tidak bisa menggunakannya secara benar. Alhasil, mereka menjadi kebingungan saat kebakaran terjadi.

Berikut 4 langkah standar menggunakan APAR seperti dilansir Bromindo:

  • Pertama, tarik kunci pengaman atau segel.
  • Kedua, pegang bagian ujung selang dan arahkan ujung selang ke sumber api.
  • Ketiga, tekan tuas.
  • Keempat, kibaskan ujung selang pada sumber api secara bersamaan.

Terdapat tiga kesalahan yang seringkali dilakukan pemakai APAR, yakni:


Cara membawa APAR

Banyak orang membawa APAR dengan cara ditenteng. Padahal, cara tersebut dapat membuat pemakai APAR menjadi kelelahan. Apalagi jika posisi APAR jauh dari sumber api, sebab tabungnya memiliki berat di atas 6 kg. Prosedur yang benar adalah, APAR digunakan dengan cara diletakkan di sebelah leher.

Bagi Anda yang memiliki tinggi badan 160 cm, maka akan memiliki kesulitan saat menenteng APAR. Apalagi jika akhirnya Anda memutuskan untuk menyeretnya. Hal itu, justru akan menghambat proses eksekusi.


Cara memegang APAR

Kesalahan kedua saat menggunakan APAR yakni, memegang selang APAR pada bagian tengah selang pada saat Anda menekan tuas APAR.

Pada tekanan APAR 13 bar hanya akan membuat selang bergerak ke sana ke mari tidak menentu. Kondisi tersebut, dapat menyebabkan media pemadam tidak dapat memadamkan dengan efektif.

Prosedur yang benar adalah, pegang selang pada bagian ujung APAR, kemudian arahkan ke sumber api.


Cara menarik segel

Prosedur yang seringkali terjadi adalah, saat menarik segel Anda juga menekan tuas. Hal itu dapat membuat pin segel terjepit.


Cara menghemat media

Prosedur yang benar saat mengeksekusi kebakaran usahakan untuk dapat menghemat media agar tidak cepat habis. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan tuas sedikit demi sedikit.

Menurut laporan Fire Protection Online, alat pemadam api bubuk adalah alat pemadam paling serba guna. Alat pemadam kebakaran itu diberi nama, Pemadam Api ABC Dry Powder karena aman untuk digunakan pada kebakaran kelas A,B, dan C.

Tidak hanya itu, alat pemadam api bubuk dapat digunakan untuk kebakaran listrik. Akan tetapi, karena residu yang ditinggalkannya, pemadam api CO2 dilihat menjadi pilihan yang lebih baik.






Baca juga artikel terkait ALAT PEMADAM API RINGAN atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight