Cara Menggalang Donasi Menggunakan Media Sosial Instagram Live

Oleh: Versatile Holiday Lado - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Instagram juga bekerja sama dengan salah satu ilustrator komunitas asal Brasil @leonatsume untuk membuat stiker secara khusus yang bertuliskan “I Donated”.
tirto.id - Di masa pandemik COVID-19 ini, hampir semua orang terdampak. Banyak tenaga medis yang kesulitan mendapatkan alat pelindung diri (APD), selain itu tak sedikit pula masyarakat yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Guna mengatasi masalah tersebut tak sedikit pula orang-orang yang menggalang donasi serta memberikan bantuan untuk membantu pembelian APD sampai membantu mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya.

Banyak cara yang digunakan untuk memberikan bantuan tersebut. Selain situs penggalangan dana, salah satunya media sosial yang saat ini aktif digunakan khalayak untuk menggalang bantuan adalah Instagram.

Anda dapat menggalang dana untuk donasi melalui fitur Instagaram Live. Instagram memanfaatkan fitur tersebut untuk mendukung organisasi dan komunitas yang paling membutuhkan.

Hal ini dijamin oleh Instagaram bahwa semua dana yang terkumpul akan langsung disalurkan ke organisasi nirlaba pilihan Anda.

Cara menggalang donasi menggunakan media sosial Instagram


Untuk menggunakan fitur Donasi Langsung di Instagram, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut.

· Buka aplikasi Instagram.

· Ketuk ikon kamera di kiri atas Feed atau geser layar handphone pada Feed ke kanan.

· Ketuk “Live/Langsung” di bagian bawah layar.

· Pilih Penggalangan Dana dan pilih organisasi nirlaba yang akan didukung.

· Setelah Anda memulai siaran langsung, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mendukung dan jumlah uang yang terkumpul secara real time.

· Ketuk Lihat untuk melihat pengelompokan donor dan kontribusi perorangan.

· Anda dapat berterima kasih kepada mereka yang mendukung secara real time dengan mengetuk Wave.

Instagram juga bekerja sama dengan salah satu ilustrator komunitas asal Brasil @leonatsume untuk membuat stiker secara khusus yang bertuliskan “I Donated”.

Ketika Anda menyumbang melalui Live atau Stories, Anda dapat mengakses stiker untuk jangka waktu tertentu. Akun yang Anda ikuti dan juga menggunakan stiker tersebut, akan ditambahkan ke cerita bersama di depan bagian Cerita Anda untuk waktu yang terbatas sehingga memungkinkan untuk melihat dukungan lainnya.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight