Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Aplikasi dan Website

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 25 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menggabungkan file PDF dapat dilakukan online melalui website yang menyediakan fiturnya atau melalui aplikasi offline tertentu.
tirto.id - Cara menggabungkan file PDF sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Kadang penggabungan file PDF ini diperlukan untuk menyatukan berkas lamaran pekerjaan atau pendaftaran ke perguruan tinggi guna memudahkan pengecekan dokumen.

Saat ini penggunaan file dokumen atau berkas dalam bentuk PDF cukup populer. Format ini memang menawarkan sejumlah kemudahan, seperti dapat dibuka di berbagai aplikasi dan perangkat, mudah dikirim melalui berbagai media, dan sebagainya.

Penggabungan file PDF ini dapat dilakukan secara online melalui website yang menyediakan fitur tersebut atau melalui aplikasi secara offline. Berikut ini cara menggabungkan file PDF secara offline menggunakan aplikasi Foxit Reader di PC atau notebook.

  1. Download dan instal aplikasi Foxit Reader
  2. Jalankan aplikasi Foxit Reader
  3. Pilih File > Create > From Multiple Files
  4. Akan muncul jendela baru, dan beri tanda cek pada bagian Merge multiple files into a single PDF file
  5. Klik Add Files untuk menambah beberapa dokumen yang akan dijadikan satu file PDF
  6. Lakukan kostumisasi jika diperlukan, seperti mengatur urutan atau menghapus bagian yang tidak diinginkan
  7. Klik Convert dan tentukan lokasi penyimpanan file

Selain melalui aplikasi offline seperti Foxit Reader, pengguna juga dapat menggunakan website yang menyediakan fasilitas tersebut, salah satunya adalah hidpdf.com. Berikut ini cara menggabungkan file PDF melalui website hidpdf.com.

  1. Jalankan browser, buka website hidpdf.com
  2. Pilih file yang akan digabungkan dengan cara klik tanda upload atau bisa juga dengan cara drag and drop ke ikon tersebut
  3. Tunggu porses upload selesai
  4. Kemudian klik Merge
  5. Setelah proses merger selesai, klik download untuk mengunduh file PDF yang telah digabungkan

Salah satu kelebihan website hidpdf.com adalah dapat memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, Box, dan DropBox. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses dan menggabungkan file yang tersimpan di layanan cloud tersebut menggunakan hidpdf.com.

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.


Baca juga artikel terkait PDF atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight