Cara Mengembalikan Kontak WA: Tips Memulihkan dan Mencadangkan

Oleh: Ibnu Azis - 14 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Saat kontak WA hilang, jangan panik. Bila kontak telepon sudah dicadangkan sebelumnya, kontak WhatsApp yang terhapus bisa dipulihkan.
tirto.id - Seturut data Statista, WhatsApp (WA) per Maret 2020 punya pengguna aktif bulanan 2 miliar orang, atau nyaris pengguna ponsel pintar menggunakan aplikasi milik Facebook ini.

Di Play Store angkanya lebih 'gila' lagi, yaitu lebih dari 5 miliar per September 2020. Artinya, aplikasi WhatsApp telah diinstal setidaknya di 5 miliar perangkat Android.

Popularitas WhatsApp bikin aplikasi ini menjadi pilihan utama bagi pengguna smartphone untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Kontak WA pun bahkan jadi "identitas resmi" yang mengalahkan nomor ponsel, meski kegunaannya serupa. Bagaimana bila kontak WA terhapus?

WhatsApp melalui laman FAQ menjelaskan, informasi kontak secara aktif didapatkan dari buku alamat telepon. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi kontak yang merupakan pengguna WhatsApp dan menambahkan mereka ke daftar kontak WhatsApp.

Dengan kata lain pengguna WhatsApp tak perlu menambahkan kontak baru kecuali kontak itu benar-benar baru atau tak tersedia di buku telepon ponsel.


Mengapa Kontak WA Hilang?

Ada banyak penyebab terkait hal ini selain faktor ketidaksengajaan, misalnya, "kepencet" tombol delete. Faktor lainnya seperti terkait cache atau perubahan permisi akses aplikasi.

Untuk pencegahan bisa dilakukan dengan mencadangkan kontak buku telepon secara berkala dan memulihkannya saat diperlukan. Ponsel Android punya fiturnya dan dapat dicadangkan ke Google Drive.

Saat kontak berhasil dipulihkan, WhatsApp akan secara otomatis memindai kontak di buku telepon dan menambahkan ke kontak WA bila ada yang baru. Dilansir Businessinsider, berikut cara mencadangkan kontak untuk ponsel Android:

  1. Buka "Settings"
  2. Ketuk "System"
  3. Pilih "Backup"
  4. Jika tak menjumpai menu itu, bisa jadi bernama "Backup and reset"
  5. Aktifkan menu "Backup to Google Drive"
  6. Selesai

Lantas, bagaimana cara mengembalikan kontak yang telah dicadangkan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka "Settings"
  2. Ketuk "Google"
  3. Pilih "Restore contacts"
  4. Pada ponsel tertentu mungkin opsinya bernama "Set up & restore"
  5. Pilih akun Google pencadangan
  6. Tunggu hingga proses memulihkan tuntas
  7. Selesai

Saat proses pemulihan, Google hanya akan memulihkan kontak yang belum atau tidak tersedia di buku telepon untuk mencegah terjadinya duplikasi. Pengguna bisa me-merge kontak jika menemukan kemiripan.


Mencadangkan ke Ponsel

Cara ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya, tapi lokasi penyimpanan backup kontak bukan di Google Drive melainkan di folder ponsel. Cara ini memanfaatkan aplikasi Contacts di telepon.

Aplikasi Contacts dalam menu "Manage contacs" punya fitur "Import" dan Export" untuk mencadangkan dan memulihkan. Seperti sebelumnya, lakukan pemulihan jika merasa ada kontak yang hilang atau terhapus, tapi cadangkan secara berkala.

  1. Buka aplikasi "Contacts"
  2. Ketuk menu tiga baris di pojok kanan atas
  3. Pilih "Settings"
  4. Perhatikan menu "Manage contacts"
  5. Jika ingin mencadangkan, ketuk "Export". Aplikasi Contacts akan mencadangkan kontak di folder ponsel dalam format .vcf di folder "Download". Anda bisa menamai file itu dengan nama lain. Ketuk "Save" untuk mencadangkan
  6. Bila ingin memulihkan, ketuk "Import". Aplikasi Contacts akan mengambil atau memulihkan kontak dari file .vcf tadi. Ketuk "OK" untuk melanjutkan
  7. Selesai

Mencadangkan ke Google Drive disarankan lantaran data kontak tetap dapat dikembalikan bila ponsel hilang. Jika disimpan ke ponsel dan perangkat hilang, file pencadangan kontak pun juga turut hilang.

Sebagaimana dijelaskan WhatsApp, memulihkan kontak yang hilang hanya dapat dimungkinkan jika pengguna pernah membuat salinan daftar kontak dengan menggunakan fitur telepon.

Saat hilang cukup dipulihkan, dan WhatsApp akan secara otomatis melakukan sinkronisasi kontaknya yang dimutakhirkan dari kontak buku telepon.

"Jika Anda tidak dapat memulihkan kontak Anda, kami juga tidak dapat memulihkan kontak Anda," penjelasan WhatsApp di laman FAQ.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight