Cara Mengembalikan Akun WA yang Terhapus Secara Otomatis

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 30 Nov 2022 10:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara mengembalikan akun WA yang terhapus secara otomatis berhasil, ada sejumlah tips yang perlu Anda ketahui. Temukan panduan selengkapnya di sini.
tirto.id - WhatsApp (WA) sebagai platform atau aplikasi pesan singkat melakukan penghapusan akun secara otomatis demi keamanan data penggunanya. Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun WA yang terhapus dan bagaimana kondisi data-data Anda di dalamnya?

Menurut situs Pusat Bantuan WhatsApp, pihaknya mempunyai berbagai metode untuk menjaga keamanan data para penggunanya. Salah satu langkah yang dilakukan pihak mereka adalah menghapus secara otomatis akun.

Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan, melindungi privasi pengguna, hingga membatasi retensi data. Sebuah akun WA akan terhapus secara otomatis apabila terhitung tidak aktif selama 120 hari. Untuk mengaktifkannya kembali, yang diperlukan pengguna hanyalah koneksi internet.



Cara Memulihkan Akun WA yang Terhapus Otomatis


Pengaktifan kembali akun WhatsApp yang dihapus otomatis dapat dilakukan dengan cara menghubungkannya ke internet. Seandainya tak mempunyai data atau koneksi internet maka WA tidak dapat diaktifkan kembali.

Berikut ini langkah yang dijelaskan oleh Help Center WhatsApp untuk mengaktifkan akun WA Anda.

  1. Hubungkan ponsel dengan koneksi internet;
  2. Anda bisa menghubungkannya melalui data kartu SIM atau Wi-Fi;
  3. Jika sudah terhubung, buka aplikasi WhatsApp yang terhapus akunnya;
  4. Otomatis WA akan aktif kembali.

Yang Terjadi saat Akun WA Terhapus Secara Otomatis


Saat akun WA Anda terhapus secara otomatis karena tak aktif selama 120 hari, maka data yang ada di dalamnya tetap ada di perangkat. Untuk mengakses data tersebut, Anda hanya perlu mengaktifkan kembali akun melalui langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Seandainya akun WA Anda sudah aktif kembali maka data yang tersimpan di perangkat akan ditampilkan juga dalam pesan-pesan WhatsApp Anda. Dengan begitu, penghapusan akun tidak akan menyebabkan data Anda hilang.

Akan tetapi, situasi akan berbeda ketika Anda menghapus aplikasi WhatsApp karena merasa akunnya sudah tidak aktif. Hal ini ternyata dapat membuat data-data yang tersimpan di WA hilang, misalnya data berupa dokumen penting, foto, video, hingga catatan pesan.


Oleh sebab itu, jangan hapus aplikasi WA ketika Anda punya beberapa data penting di dalamnya. Kendati akun Anda terhapus secara otomatis, usahakan tidak menghapus aplikasinya.

Dilansir dari data pengunduhan WhatsApp Messenger di Google Play, saat ini aplikasi pesan singkat tersebut sudah diunduh lebih dari 5 Miliar kali. Di samping itu, ratingnya berdasarkan 172 juta ulasan mencapai 4,3 bintang.

Melansir catatan situs Statista, pada April 2022 aplikasi WA punya pengguna aktif unik global sebanyak 2,44 miliar. Angka ini naik dari tahun sebelumnya sekitar 6,4 persen.


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Ibnu Azis

DarkLight