Cara Mengelola Keuangan untuk Generasi Milenial dengan Investasi

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 29 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tokopedia sebagai salah satu layanan e-commerce terbesar saat ini, membagikan 4 cara mengelola keuangan dengan cara investasi untuk generasi milenial.
tirto.id - Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini mengelola keuangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Siapa pun, termasuk generasi milenial, dapat mulai menabung demi mempersiapkan berbagai tujuan pengelolaan keuangan untuk masa depan.

Ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan bahkan dengan modal yang minim sekalipun. Hal ini tentu akan sangat cocok untuk dijalankan oleh siapa pun yang baru akan terjun ke dunia investasi, tidak terkecuali milenial.

Sebelum mulai berinvestasi, tentu harus memperhatikan tipe investasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada pula beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu jangka waktu, besar keuntungan yang bisa didapatkan, risiko yang dihadapi dan lain-lain.

Teknologi mempermudah siapa pun memulai berinvestasi kapan pun dan dimana pun.

Berikut beberapa instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan bagi generasi muda, yang dirilis oleh Tokopedia.

1. Investasi Reksa Dana

Bagi seorang pemula dalam dunia investasi, reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan. Melalui investasi reksa dana, generasi muda dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya dalam portofolio investasi berbagai produk seperti obligasi, deposito dan saham.

Selain karena mudah dan risikonya relatif lebih rendah, reksa dana merupakan pilihan investasi yang tepat bagi yang tidak banyak memiliki waktu luang.

Reksa dana bisa dimulai dengan nominal yang rendah, dan saat ini sudah banyak platform yang memungkinkan masyarakat untuk membeli produk reksa dana dengan mudah, salah satunya adalah Tokopedia yang bekerja sama dengan Bareksa.

Melalui Tokopedia Reksa Dana, masyarakat dipermudah untuk berinvestasi dan memiliki literasi, serta manajemen keuangan yang baik.

2. Investasi Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling populer saat ini. Saham sendiri dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan.

Ketika seseorang membeli saham suatu perusahaan, maka orang tersebut telah memiliki hak atas aset dan pendapatan perusahaan tersebut dengan porsi sebesar saham yang dibeli.

Saham merupakan produk investasi yang memiliki risiko cukup tinggi, namun sebanding dengan imbal hasil yang bisa didapatkan. Bagi generasi mudah yang ingin berinvestasi saham, analisis fundamental saham sebaiknya dipelajari terlebih dahulu.

3. Deposito

Deposito merupakan produk simpanan yang umumnya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan yang dapat dilakukan sesuai ketentuan yang sudah disepakati oleh nasabah dan bank.

Berbeda dengan tabungan biasa, uang yang sudah disimpan di deposito tidak bisa ditarik setiap saat karena harus mengikuti tempo waktu yang sudah ditentukan. Hanya saja, bunga yang ditetapkan pada deposito lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.

Deposito merupakan pilihan bagi masyarakat, termasuk anak muda yang masih pemula dalam berinvestasi. Dengan bunga pendapatan yang stabil, pemodal tidak perlu khawatir untuk mengelola investasi tersebut.

Meskipun keuntungannya tidak sebesar investasi saham, tabungan deposito berjangka cenderung berisiko rendah dan menghasilkan keuntungan yang relatif stabil.

4. Investasi Emas Digital

Emas merupakan investasi yang menarik karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu kebal akan inflasi, tidak mudah rusak, minim resiko dan harga yang relatif selalu naik.

Kebanyakan orang, ketika mendengar kata emas, akan langsung terbayang dengan harganya yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Memang, untuk satuan terkecil yakni 1 gram, harga emas bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Namun, kemajuan teknologi keuangan semakin memudahkan anak muda yang memiliki modal terbatas.

Bahkan kini siapa pun bisa merasakan menjadi investor pertama kali di hidupnya hanya dengan membeli emas mulai dari Rp500 melalui Tokopedia Emas sehingga proses menabung emas secara online menjadi lebih aman, terjangkau dan mudah.

Melakukan investasi tidak harus setelah bekerja atau memiliki penghasilan. Kini, generasi muda juga dapat berinvestasi sejak dini, bahkan saat masih berstatus mahasiswa sekalipun.

Dengan berbagai variasi instrumen investasi serta tersedianya platform yang memberikan kemudahan berinvestasi secara online, generasi milenial dapat berkontribusi besar untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Baca juga artikel terkait GENERASI MILENIAL atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Marketing)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight