Cara Mengawetkan Es Krim Saat Mati Listrik

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 5 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Saat mati listrik, tentunya Anda tidak bisa menyimpan es krim di lemari pendingin. Berikut tips agar es krim tidak mencair.
tirto.id - Siapa yang tidak suka es krim? Es krim adalah hidangan pencuci mulut yang digemari oleh banyak orang. Bahkan, es krim memiliki berbagai varian dan rasa yang dapat memanjakan selera Anda.

Bahan dasar es krim terbuat dari susu yang diolah sedemikian rupa dengan penambahan berbagai macam rasa.

Sejarah es krim sudah ada sejak jaman Romawi Kuno untuk sajian hidangan pesta. Rasa yang nikmat membuat hidangan ini terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Di Indonesia sendiri, es krim mulai dipopulerkan pada saat penjajahan Belanda, es krim menjadi makanan mewah bagi kaum elit karena hanya sedikit toko yang mampu membuat es krim karena teknologi pendingin masih sangat jarang saat itu.

Sayangnya es krim tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan sedikit saja es krim akan mencair.

Apalagi pemadaman listrik yang baru saja terjadi di wilayah Jbodetabek dan Jawa Barat, dapat membuat es krim menjadi cair dan tidak lagi enak untuk disantap.

Agar es krim Anda tidak mudah meleleh saat terjadi pemadaman listrik, berikut tips untuk mengawetkan es krim saat mati listrik.

1. Gunakan wadah yang berwarna terang

Agar es krim yang kamu simpan dapat bertahan lama, simpan es krim ke dalam wadah yang berwarna terang.

Hal ini dikarenakan wadah yang terang akan menyerap sedikit panas sehingga membuat es krim lebih awet dan tahan lebih lama.

Selama tidak terkena matahari secara langsung. Pendingin atau ember es yang terbuat dari nilon atau styrofoam akan menjaga es krim tetap dingin selama.

Hindari pendingin dari ember logam karena menyerap panas dan membuat es krim cepat mencair.

2. Lapisi dengan aluminium

Permukaan aluminium berfungsi untuk memantulkan cahaya. Hal ini berfungsi untuk menjaga es krim tidak cepat mencair. Simpan es krim dalam wadah yang terang dan lapisi menggunakan aluminium.

3. Bungkus wadah dengan handuk

Jika Anda tidak memiliki pendingin yang cukup baik untuk menyimpan es krim. Anda dapat memasukkan es krim ke dalam wadah bening yang dibungkus dengan handuk bersih.

4. Memanfaatkan Dry Ice

Jika Anda ingin menyimpan es krim, manfaatkan dry ice. Taburkan dry ice di sekeliling es krim. Masukkan es krim ke dalam wadah khusus, sehingga es krim dapat bertahan lebih lama. Pastikan suhu udara di sekitar es krim tidak terlalu panas.

5. Tambahkan garam

Salah satu cara alami untuk menyimpan es krim lebih tahan lama adalah dengan memanfaatkan garam. Taburi garam di bagian atas es krim. Untuk menjaga es krim lebih tahan lama.

Suhu terbaik es krim untuk bisa dinikmati adalah sekitar -13°C sampai -11°C. Agar kelembutan teksturnya tetap terjaga, es krim harus disimpan pada suhu antara -17,78°C sampai -23,33°C.

Es krim akan tetap stabil tanpa batas waktu dan tidak akan terbantuk kristal es jika es krim disimpan pada suhu di bawah -25°C.


Baca juga artikel terkait MATI LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight