Cara Mengatasi Video YouTube 'Lemot' di Smartphone

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 18 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada 2 cara mengatasi YouTube loading terus agar tak lemot. Apa saja? Berikut ini panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Mengapa YouTube lemot? Pertanyaan ini mungkin banyak disuarakan oleh warganet. Penyebab YouTube lemot salah satunya karena persoalan cache. Bagaimana cara mengatasi YouTube loading terus?

Menikmati streaming video di YouTube sudah menjadi bagian dari kegiatan rutin di era internet modern. Namun, kadang kenikmatan menonton video streaming di YouTube terganggu karena proses buffering atau jeda saat memutar video.

Kecepatan koneksi internet yang menurun atau tidak stabil acap kali menjadi penyebab utama terjadinya buffering. Selain itu, ada penyebab lain yang membuat proses streaming video di YouTube terhambat, sebagaimana dilansir dari Gadgets Now, Kamis (12/9/2019).

Kenapa YouTube Lemot


Salah satu penyebab tersebut adalah cache dan riwayat video YouTube yang sudah terlalu banyak. Ini dapat memengaruhi performa aplikasi YouTube termasuk smartphone ketika melakukan streaming. Adapun solusinya dengan membersihkan cache di ponsel.

Cache sendiri adalah ruang sementara yang disediakan untuk menyimpan data atau informasi yang berkaitan dengan konten dalam memori. Informasi yang tersimpan di cache nantinya dapat digunakan lagi tanpa harus di-load dari awal sehingga menghemat waktu.

Cara Mengatasi YouTube Loading Terus


YouTube memanfaarkan cache untuk menyimpan konten yang sering ditonton pengguna, termasuk riwayat tontonan. Ujkuran cache kian besar karena selalu bertambah dan akhirnya membebani performanya, sehingga, perlu dibersihkan secara berkala.

Berikut cara untuk membersihkan cache di YouTube:

  1. Jalankan aplikasi YouTube
  2. Klik pada avatar pengguna pada sudut kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Pilih History & Privacy
  5. Pilih Clear Watch History
  6. Pilih Clear SearchHistory

Jika telah melakukan proses pembersihan cache secara berkala dan YouTube masih sering mengalami buffering, bisa jadi penyebabnya adalah koneksi yang lambat atau tidak stabil. Solusinya adalah dengan menyesuaikan kualitas video yang sedang ditonton.

Berikut ini cara menurunkan kualitas video di YouTube:

  1. Buka aplikasi YouTube
  2. Mainkan video yang ingin ditonton
  3. Klik ikon menu tiga titik pada sudut kanan atas
  4. Pilih Quality
  5. Akan muncul beberapa opsi kualitas, pilih yang rendah, misalnya 144p atau 240p

Dengan menerapkan dua cara di atas, kualitas video akan mengalami penurunan dan buffering dapat diminimalisir. Ketika menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil, pengguna dapat meningkatkan kualitas video menjadi HD (720p) atau FHD (1080p).


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight