Cara Mengatasi Rambut Keriting yang Mengembang dan Susah Diatur

Oleh: Irene Aprilya Meok - 17 Februari 2020
Ada beberapa faktor penyebab rambut keriting mengembang, berikut cara mengatasinya.
tirto.id - Rambut yang indah adalah idaman para wanita. Salah satu jenis rambut yang menarik adalah rambut keriting. Namun untuk pemilik rambut keriting, permasalahan yang sering dihadapi dan cukup mengganggu adalah rambut mengembang.

Permasalahan ini pun bukan tanpa sebab, dilansir dari lemonilo.com, ada beberapa faktor penyebab rambut keriting mengembang. Contohnya ekspos panas yang berlebihan bisa dari catok, sinar matahari yang berlebih atau juga polusi udara saat berada di luar rumah.

Contoh lainnya sering keramas, kebiasaan keramas dapat membuat rambut mengembang. Selanjutnya rambut dapat mengembang karena terapar bahan kimia, misalkan untuk orang yang sering mewarnai rambut, dapat menyebabkan rambut mengembang.

Hal lain yang bisa menyebabkan rambut mengembang adalah genetika, ada juga orang-orang yang dilahirkan membawa gen rambut mengembang.

Jika rambut mengembang adalah permasalahan dan ingin membuat rambut menjadi lebih mudah diatur, berikut tips mengatasinya.

  • Jangan terlalu sering keramas
Saat keramas, minyak alami di kulit kepala akan hilang oleh sampo yang bersifat basah. Karena itu saat terlalu sering keramas atau keramas sehari sekali, rambut yang kehilangan minyak akan mengembang. Jika ingin keramas dengan waktu yang tepat, dua kali seminggu sudah cukup untuk membersihkan rambut.

  • Masker rambut secara berkala
Tidak hanya muka, rambut juga butuh dirawat secara berkala. Hal ini dapat mengurangi rambut mengembang. Pemilihan masker yang tepat juga menjadi catatan penting. Hindari masker yang mengandung bahan kimia.

  • Lengkapi perawatan rambut dengan kondisioner

Selain masker, pemakaian kondisioner juga bisa membantu untuk merawat dan menata rambut.

  • Menggunakan serum rambut

Essential oil atau hot oil bisa menjadi pilihan serum bagi rambut mengembang.

Selain empat tips di atas, thebodyshop.co.id juga menambahkan beberapa tips seperti keringkan rambut secara alami atau tanpa pengering rambut, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang, dan pemilihan karet rambut yang tebal akan menghindari rambut keriting mengembang.


Baca juga artikel terkait RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight