Cara Mengatasi Keterbatasan Google Meet Versi Gratis 60 Menit

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 14 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara memperpanjang durasi Google Meet versi gratis yang hanya bisa diakses selama 60 menit.
tirto.id - Google Meet versi gratis kini dibatasi penggunaannya dan harus mendaftar Google Workspace untuk membuka akses tanpa batas

Google Meet versi gratis tidak lagi bisa diakses cuma-cuma secara penuh. Aplikasi yang memungkinkan pertemuan antar-orang secara daring ini kini dibatasi selama 60 menit.

Meski demikian, jumlah partisipan yang bisa bergabung tidak berubah yaitu 100 partisipan tergantung jenis akunnnya.

Melansir laman dukungan Google, untuk pengguna dengan akun Google personal, maka bisa memiliki 100 partisipan dalam sekali video call.

Sementara itu, pada penggunaan Google Workspace untuk pekerjaan atau sekolah, jumlah maksimal partisipan dalam sekali panggilan vidoe tergantung edisi Google Woprkspace yang dipakai.

Pada penggunaan personal, pengguna bisa melakukan panggilan video kapan pun. Panggilan dapat dilakukan pada tiga hingga lebih partisipan untuk lama panggilan selama 60 menit.

Ketika panggilan sudah menginjak menit ke 55, Google Meet akan memberikan tanda peringatan bahwa panggilan segera berakhir.

Untuk memperpanjang panggilan, host dapat melakukan upgrade pada akun Google-nya. Jika tidak, maka panggilan akan berakhir tepat pada menit ke 60.

Upgrade akun tersebut merupakan upgrade ke langganan Google Workspace. Dengan berlangganann, Google Meet dapat melaukan panggilan sampai 2 jam, fitur merekam, breakout rooms, dan layanan produktivitas lainnya.

Harga langganannya 9,99 dolar AS per bulan dan saat ini untuk edisi Workspace Individual barus tersedia di lima negara.

Kendati demikian, ada cara untuk mengatasi pembatasan panggilan selama ini 60 menit ini. Saat panggilan mencapai menit 59, segera akhiri panggilan semua panggilan video. Host lalu dapat melakukan panggilan video ulang ke partisipan dan kembali melakukan percakapan selama 60 menit ke depan.

Sementara itu, melansir laman 9To5Google, Google Meet mengawali untuk memberikan layanan gratis pada April 2020 silam.

Pengguna dapat melakukan panggilan 24 jam dan dengan jumlah pengguna yang bisa bergabung sebanyak 100 orang. Layanan Google Meet pernah beberapa kali hampir dilakukan pembatasan.

Misalnya, pada 30 September 2020, pernah akan dilakukan pembatasan Google Meet versi gratis namun diurungkan untuk membantu komunikasi pengguna saat libur akhir tahun.

Lalu, Google Meet diperpanjang masa gratisnya hingga 31 Maret 2021. Selepas itu, ditambah lagi layanan gratisnya sampai 30 Juni 2021.


Baca juga artikel terkait GOOGLE MEET atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight