Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Wajah: Harus Tetap Terhidrasi

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 2 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cara mengatasi keringat berlebih di wajah: tetap terhidrasi, rajin mandi, dan selalu gunakan pakaian yang menyerap keringat.
tirto.id - Setiap orang pasti pernah berkeringat dan ini merupakan hal yang wajar karena fungsi tubuh normal yang membantu mengatur suhu badan. Orang biasanya berkeringat dari wajah, kepala, ketiak, tangan, kaki, hingga selangkangan.

Jika mengalami keringat yang berlebihan khususnya di kepala dan wajah, kondisi ini dikenal sebagai hiperhidrosis kraniofasial, demikian seperti dilansir dari laman Healthline.

Hyperhidrosis berarti keringat berlebihan dari yang diperlukan untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Tingkat keparahannya bervariasi, mulai dari kelembaban sampai menetes.

Keringat di kepala dan wajah yang berlebihan bisa membuat seseorang frustrasi atau tidak nyaman dalam situasi sosial. Meski begitu, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keringat berlebih.

Ada dua jenis hiperhidrosis atau keringat berlebih, yakni primer dan sekunder.

Hyperhidrosis primer adalah tipe yang paling umum. Ini berarti keringat berlebih tidak disebabkan oleh kondisi medis, aktivitas fisik, atau peningkatan suhu. Biasanya hanya memengaruhi tangan, kaki, kepala, dan wajah, tetapi dapat juga terjadi di bagian tubuh yang lain.

Sementara hiperhidrosis sekunder berhubungan dengan kondisi medis atau pengobatan yang menyebabkan keringat berlebih, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, berhenti haid, stroke, cedera tulang belakang, dan penggunaan beberapa antidepresan.

Sementara hiperhidrosis dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, ada banyak kelenjar keringat di wajah dan kulit kepala. Jadi, jika cenderung berkeringat berlebihan, itu mungkin lebih terlihat di daerah tersebut.

Satu studi menemukan bahwa 30 hingga 50 persen sumber terpercaya dari orang yang mengalami jenis keringat ini memiliki riwayat keturunan dari keluarganya.

Jika mendapati wajah sering berkeringat, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter agar dapat dibantu untuk menentukan apakah keringat itu karena kondisi medis tertentu atau sebenarnya karena masalah yang serius.


Penyebab Keringat Berlebih


Sementara keringat wajah dan kepala yang berlebihan dapat terjadi dalam situasi yang tidak biasa seperti saat cuaca dingin atau ketika sedang tidak berolahraga, ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan pemicu keringat, termasuk:
  • Kelembaban
  • Cuaca panas
  • Stres atau kecemasan
  • Emosi yang kuat seperti kemarahan atau ketakutan
  • Makan makanan pedas
  • Berolahraga, bahkan aktivitas ringan

Pengobatan Keringat Berlebih


Walaupun mengalami keringat berlebih bisa membuat frustasi, ada sejumlah pilihan perawatan yang bisa membantu. Beberapa opsi ini termasuk:

1. Menggunakan antiperspiran yang dijual bebas mengandung aluminium klorida.

2. Antiperspiran resep yang mengandung aluminium klorida heksahidrat. Antiperspiran kuat ini dapat mengiritasi kulit sensitif dari wajah dan kepala.

3. Suntikan botox dapat digunakan untuk mengurangi aktivitas saraf yang mempengaruhi kelenjar keringat. Mungkin perlu beberapa perawatan injeksi untuk mulai bekerja, tetapi mereka dapat membantu dengan gejala hingga 12 bulan.

4. Obat oral yang dikenal sebagai antikolinergik mengurangi keringat di seluruh tubuh Anda. Mereka mungkin memiliki efek samping seperti sembelit, retensi urin, pusing, dan mulut kering.

5. Obat antidepresan tertentu dapat mengurangi berkeringat dan membantu mengatasi kecemasan yang memicu orang berkeringat.

Kemungkinan perawatan lainnya dari dokter, seperti:

Lontophoresis, prosedur yang melibatkan mengalirkan arus listrik tingkat rendah ke seluruh tubuh saat pasien tenggelam dalam air. Ini paling efektif untuk yang sering berkeringat di tangan, kaki, dan ketiak.

Pembedahan untuk menghilangkan kelenjar keringat, ini adalah pilihan perawatan lain untuk hiperhidrosis, meskipun ini terutama digunakan untuk keringat berlebih dari ketiak.

Simpatektomi, adalah prosedur di mana beberapa saraf yang memicu kelenjar keringat terputus, sehingga mengurangi sinyal untuk produksi keringat.


Pencegahan Keringat Berlebih


Selain obat-obatan dan prosedur dokter, ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk membantu mengurangi keringat kepala dan wajah yang berlebihan. Beberapa dari pengobatan rumahan ini meliputi:

  • Sering mandi untuk mengurangi bakteri dan kelembaban kulit
  • Oleskan antiperspirant sebelum tidur dan di pagi hari
  • Simpan handuk lembut dan menyerap di tas, meja, atau mobil untuk membantu mengeringkan keringat berlebih
  • Menggunakan bedak wajah polos tanpa wewangian untuk membantu menyerap kelembapan
  • Menghindari makanan pedas dan kafein, yang keduanya dapat meningkatkan keringat
  • Menghindari suhu panas atau berpakaian terlalu hangat
  • Memakai pakaian dari kain yang menyerap keringat
  • Tetap terhidrasi dengan baik
  • Membawa kipas genggam kecil atau klip-on untuk menjaga wajah tetap dingin dan kering
  • Makan lebih sering dengan porsi kecil untuk membantu mengatur pencernaan
  • Tidak berolahraga segera sebelum bekerja atau kegiatan sosial lainnya, karena berkeringat dapat berlanjut untuk beberapa waktu setelah aktivitas fisik.


Baca juga artikel terkait CARA MENGATASI KERINGAT BERLEBIH atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight