Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Gmail yang Penuh

Oleh: Adrian Samudro - 21 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips dan cara mengatasi Gmail yang penuh.
tirto.id - Sebagian besar orang dewasa ini sudah banyak yang menggunakan email. Salah satu penyedia layanan email terbesar saat ini ialah Gmail, milik raksasa teknologi Google.

Sebagai layanan email, Gmail biasanya digunakan untuk berbagai keperluan aktivasi dan berlangganan di sebuah platform atau sekadar berkirim pesan.

Gmail menjadi wadah untuk pesan notifikasi dari sejumlah platform yang telah didaftarkan. Semakin banyak kegiatan aktivasi dan berlangganan, semakin banyak pula e-mail yang akan diterima setiap harinya.

Seringkali pesan notifikasi yang dikirimkan tersebut terabaikan sehingga jadi menumpuk. Padahal penyedia layanan email seperti Gmail memiliki kapasitas penyimpanan layaknya sebuah kotak laci.

Hal ini biasanya terjadi lantaran masih banyak pengguna yang tidak mengetahui batasan ruang penyimpanan yang dimiliki setiap penyedia layanan e-mail tersebut.

Ruang penyimpanan berbasis cloud seperti Gmail itu memang tidak akan cepat penuh. Tapi hal tersebut bisa saja terjadi bila email yang ada sudah sangat banyak, apalagi jika berisikan video ataupun gambar berukuran besar.

Pasalnya Gmail seringkali terhubung dengan Google Photos dan Google Drives yang berada dalam satu akun. Saat kapasitas penyimpanan (storage) di Gmail sudah penuh, pengguna tidak bisa menerima atau mengirim email.

Sejumlah langkah bisa dilakukan untuk membersihkan ruangan di Gmail, seperti menghapus email berukuran besar dan memindahkan foto serta video ke trash. Berikut cara termudah untuk dapat menghapus email berkapasitas besar sebagaimana dikutip dari Google.

Hapus Email Secara Permanen di Inbox dan Outbox

  • Di kotak pencarian, ketikkan kode "has:attachment larger:10M" (bisa disesuaikan dengan angka yang lebih besar untuk menghapus data berukuran lebih besar)
  • Klik Search
  • Pilih email yang tidak dibutuhkan, lalu klik ikon Delete
  • Di sisi kiri halaman, klik More, lalu Trash
  • Di bagian atas, klik Empty trash now

Hapus Email Secara Permanen di Dalam Kolom Spam

  • Di bagian kiri, cari, temukan dan klik kolom Spam
  • Lalu di bagian atas, klik Delete all spam messages. Atau pilih email, lalu klik Delete


Baca juga artikel terkait GMAIL PENUH atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
DarkLight