Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Terutama Bagian Tumit

Oleh: Olivia Rianjani - 29 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara menghilangkan dan mengobati kaki pecah-pecah, terutama bagian tumit.
tirto.id - Tumit pecah-pecah dapat terjadi karena suatu kondisi retakan pada kulit yang keras dan kering secara tidak normal di atas tumit kaki. Jika tidak diobati, akan dapat menyebabkan komplikasi atau ketidaknyamanan.

Jika celah pecah-pecahnya sangat dalam, saat berdiri akan terasa menyakitkan, serta dapat berkembang menjadi selulitis,yaitu infeksi kulit yang menyebar.

Ada beberapa faktor penyebab kulit pecah-pecah, khususnya pada tumit. Berikut penjelasannya seperti dilansir laman News Medical Life Sciences dan Heathline :

  • Dermatosis plantaris
Kondisi ini mengalami tingkat kelembapan yang tinggi pada kulit di atas kaki, diikuti dengan pengeringan yang cepat. Siklus basah-kering yang berulang menyebabkan retakan pada telapak kaki.

  • Psoriasis (Kulit Mengelupas/bersisik)
Untuk perawatannya, langsung kepada penyedia layanan kesehatan untuk memberi tahu tentang cara merawatnya.

  • Dermatitis atopik/kondisi kulit gatal
Kondisi kulit gatal ini bisa meningkatkan kekeringan kulit dan tumit lebih rentan pecah-pecah.

Perawatan dapat dapat dilakukan menggunakan pelembab pada kulit, serta penggunaan steroid dan antibiotik jika diindikasikan, dengan catatan di bawah pengawasan petugas kesehatan.

  • Berdiri lama
Risiko ini dapat diminimalkan dengan penggunaan alas kaki yang memiliki bantalan yang tepat di bagian tumit dan sol yang cukup untuk memberikan dukungan ekstra. Jika bersol tipis dapat memperburuk masalah.

  • Keratoderma palmoplantar (Penebalan kulit)
Penyakit ini menyebabkan penebalan kulit pada telapak tangan dan telapak kaki serta merupakan predisposisi terbentuknya fisura.

    • Kondisi sistemik
    Pada kondisi sistemik ini, pasien diabetes harus mewaspadai risiko ulkus kaki yang berkembang dari retakan di kulit.

    • Alas kaki yang tidak pas untuk menopang pada tumit
    • Berjalan tanpa alas kaki atau sandal terbuka
    • Mandi air panas dalam waktu lama
    • Menggunakan sabun keras yang dapat menghilangkan minyak alami pada kulit
    • Kulit kering karena iklim, seperti suhu dingin atau kelembaban rendah

    Cara Mengatasi Perawatan Kulit Pecah Pada Tumit Kaki

    Perawatan dapat dilakukan secara teratur dengan menggosok area sekitar tumit menggunakan batu apung atau sejenisnya, untuk mengelupas kulit mati.

    Kemudian dilanjutkan melembabkan setiap hari dengan pelembab berbasis minyak.Yang juga mengandung keratolitik untuk mengangkat kulit mati, atau zat penahan air seperti urea, untuk mengembalikan kelembapan kulit.

    Namun setiap komplikasi seperti selulitis harus segera diobati dengan antibiotik, debridement jaringan nekrotik, dan menjaga kaki yang terkena tetap terangkat untuk mendorong sirkulasi dan penyembuhan yang tepat.

    Serta untuk penderita diabetes harus berhati-hati mendapatkan sepatu atau alas kaki lain yang nyaman, dapat disesuaikan dengan ukuran masing-masing, untuk memungkinkan aliran udara bebas melalui bahan.

    Cara Mencegah Tumit Pecah-Pecah


    Berdasarkan ulasan di atas, maka penting untuk menggunakan alas kaki atau sol yang cukup, yaitu bisa dengan mencari sepatu yang pas untuk menopang tumit. Atau kenakan sepatu dengan tumit lebar yang kokoh untuk menopang dan melindungi tumit Anda.


    Baca juga artikel terkait TUMIT PECAH-PECAH atau tulisan menarik lainnya Olivia Rianjani
    (tirto.id - Kesehatan)

    Kontributor: Olivia Rianjani
    Penulis: Olivia Rianjani
    Editor: Dhita Koesno
    DarkLight