Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Facebook Messenger

Oleh: Ibnu Azis - 18 April 2019
Dark mode menghemat komsumsi daya, lantaran warna dan kecerahan layar di mode ini tak akan menguras baterai.
tirto.id - Messenger, platform pesan instan Facebook selain WhatsApp yang tersedia untuk perangkat bergerak, kini memiliki opsi dark mode atau tampilan gelap.

Dark mode ini sebelumnya diperkenalkan ke pengguna terbatas pada tahun lalu. Kini, semua pengguna Messenger dapat mengaktifkannya.

Melansir CNET, Kamis (18/4/2019), cara mengaktifkan mode gelap di Messenger tak sulit, cukup dengan tiga langkah mudah, yakni sebagai berikut ini.

  1. Buka aplikasi Facebook Messenger dan tap atau ketuk ikon profil yang letaknya di pojok kiri atas
  2. Pilih opsi Dark Mode di menu toggle yang letaknya di bawah foto profil
  3. Saat mode gelap ini diaktifkan, seketika itu juga maka tampilan antarmuka Messenger akan berubah warna menjadi gelap

Mode gelap, tak hanya di Messenger, juga tersedia di aplikasi lain, sebut saja dari Google, seperti aplikasi Phone, Contacs, Messages, termasuk YouTube. Dark mode ternyata memiliki fungsi lain tak sekadar soal tampilan.

Menurut Google, yang disampaikan dalam Android Developer Summit pada 2018 lalu, dark mode menghemat komsumsi daya, lantaran warna dan kecerahan layar di mode ini tak akan menguras baterai.

Mengenai Messenger, yang mulanya jadi satu dengan platform Facebook, pada Agustus 2011 hadir untuk lintas perangkat, termasuk di sistem operasi Android dan iOS.

Sementara itu, aplikasi pesan instan Facebook lainnya, WhatsApp, dilaporkan pula akan menghadirkan tampilan dark mode. Hal ini diketahui setelah aplikasi WhatsApp Android di versi beta 2.19.82 sedang mengujicoba tampilan tersebut pada akhir Maret lalu.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH