Cara Menerapkan Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Melakukan meditasi mindfulness bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang, fokus dan kuat menghadapi stres.
tirto.id - Mempraktikkan teknik meditasi mindfulness terbukti membawa banyak manfaat pada tubuh dan pikiran. Tak hanya dilakukan saat meditasi, mindfulness juga bisa dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari.

Dilansir mindful, mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk benar-benar berada dan merasakan kondisi saat ini, seperti di mana dia berada, apa yang dilakukan, serta tidak reaktif berlebihan pada apa yang terjadi di sekelilingnya.

Melakukan meditasi mindfulness bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan fokus. Selain itu, mindfulness juga dapat meningkatkan resiliensi seseorang dalam menghadapi stres, termasuk menghadapi tekanan keadaan di tengah pandemi corona ini.

Mempraktikkan mindfulness juga bisa dilakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut contoh kegiatan yang bisa dilakukan dengan mindful atau sadar:

  • Saat makan

Bawa perhatian Anda dengan menutup mata dan bernafas pelan 8 sampai 10 nafas sebelum memulai makan. Dengarkan badan Anda. Setelah bernafas, bawa kesadaran Anda ke sensasi fisik yang Anda rasakan, apakah Anda lapar atau benar-benar lapar.

Makanlah sesuai tingkat kelaparan Anda. Dengan hal ini, Anda akan lebih sadar dengan apa yang Anda makan, kapan, dan seberapa banyak makanan yang akan Anda konsumsi. Praktikkan makan dengan tenang. Makanlah dengan santai, pelan, dan lanjutkan bernafas dengan dalam.

  • Saat olahraga

Apa pun olahraganya, baik bersepeda, renang, atau yang lain, Anda bisa melakukannya dengan mindful. Misalnya saat akan bersepeda, Anda bisa mengatakan, "saya akan bernafas dalam dan merasakan sensasi angin dan matahari selama saya mengayuh."

Kemudian, saat pemanasan atau pendinginan. Lakukan gerakan sederhana dan konsentrasi serta menyelaraskan irama nafas dengan gerakan Anda. Dengan bergerak mengikuti irama, aktivitas otak Anda, detak jantung akan mulai stabil dan selaras.

  • Saat berada di dapur

Dapur juga bisa menjadi ruangan untuk berlatih teknik mindfulness. Cobalah untuk benar-benar sadar saat memasak atau membersihkan dapur, lakukan aktivitas tersebut dengan santai dan tenang.

Mengikuti nafas akan membantu Anda untuk konsentrasi pada apa yang tengah dilakukan. Saat memasak, luangkanlah cukup waktu sehingga kita tidak terburu-buru. Sadari juga bahwa anggota keluarga Anda yang lain bergantung pada apa yang Anda masak. Kesadaran semacam ini akan membimbing Anda untuk memasak makanan sehat dengan penuh kesadaran.

Selain menjadi lebih tenang dan fokus, mempraktikkan mindfulness juga membawa manfaat lain, seperti membantu proses pemulihan dari sakit, mengurangi kecemasan (anxiety), dan meningkatkan kesehatan secara kelseuruhan, demikian seperti dikutip dari Positive Psychology.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE bahkan menuliskan bahwa meditasi mindfulness dapat mengubah struktur otak. Berdasarkan scan MRI pada otak orang yang mempraktikkan meditasi ini, terdapat pengerucutan pada organ amigdala, bagian otak yang memanajemen emosi manusia. Hal inilah yang menjadikan orang yang melakukan meditasi mindfulness akan lebih resiliensi dan tahan banting, serta tidak reaktif menghadapi stres.


Baca juga artikel terkait MINDFULNESS atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight