Cara Mencari Lowongan Kerja dan Proyek Lepas di Karirhub Kemnaker

Oleh: Ibnu Azis - 24 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Di Karirhub Kemnaker, pencari kerja tak hanya dapat mencari pekerjaan seturut profesi yang diidamkan, tetapi juga beragam proyek lepas.
tirto.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) punya Sistem Informasi ketenagakerjaan (Sisnaker) berbasis online dengan 12 layanan teknis salah satunya Karirhub.

Karirhub merupakan aplikasi pencari kerja milik Kemnaker yang bisa diakses melalui laman karirhub.kemnaker.go.id. Aplikasi ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Tidak dipungut biaya
  • Data profil pencari kerja yang valid
  • Terintegrasi dengan Aplikasi Wajib Lapor (WLKP), Pelatihan, dan Sertifikasi
  • Terdapat fitur Job Matching (daftar pencari kerja ditampilkan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan)
  • Skala nasional

Di situs web Karirhub Kemnaker, pencari kerja tak hanya dapat mencari pekerjaan yang tepat seturut profesi yang diinginkan, tetapi juga beragam proyek lepas.

Berikut cara mencari lowongan kerja di situs web Karirhub Kemnaker:

  1. Kunjungi situs web Karirhub Kemnaker di sini
  2. Di landing page situs web itu, bisa memanfaatkan kotak pencarian dengan memasukkan judul lowongan di kolom kiri dan masukkan lokasi di kolom kanan, lalu tekan enter atau klik tombol pencarian
  3. Selain cara nomor 2, pencarian lowongan bisa dilakukan secara spesifik dengan memilih salah satu lowongan sesuai bidangnya di menu yang tersedia
  4. Pilih lamar sekarang jika telah menemukan lowongan yang tersedia
  5. Pengunjung kemudian diminta untuk login terlebih dahulu, klik lanjutkan untuk ke tahapan berikutnya
  6. Isi No KTP/Alamat Email dan Password kemudian klik Masuk Sekarang atau klik Daftar Sekarang jika tak memiliki akun
  7. Ikuti langkh-langkah berikutnya untuk melamar pekerjaan

Situs web Karirhub Kemnaker bisa mengategorikan lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi dan setiap lowongan yang ditawarkan disertai kisaran gaji. Meski begitu, ada pula perusahaan yang tak mencantumkan gajinya.

Sementara untuk proyek lepas, menunya bisa ditemukan di bagian atas landing page di samping kanan menu lowongan. Proyek lepas ini juga dibagi dalam beberapa kategori, mulai Engineering & Architecture hingga Accounting & Consulting.

Mengenai perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan Karirhub Kemnaker di antaranya yaitu PT. Ammana Fintek Syariah, PT. Seva Kreasi Digital, PT. Antika Sanjaya, Validitas Bonafid, PT. T Hotel Indonesia, PT. Cipta Imajinasi Disain, termasuk PT. Seva Solusi Digital.

Sinaker sendiri merupakan terobosan dari Kemnaker untuk memberikan dalam pelayanan agar masyarakat dapat mendapatkan layanan saat mengakses seluruh layanan yang ada di Kemnaker.

Melansir Portal Informasi Indonesia, Sisnaker juga akan meningkatkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengendalian pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia sebagai satu kesatuan pasar kerja nasional.

Sisnaker sendiri terdiri dari 16 layanan terpadu ketenagakerjaan, yang mencakup 12 layanan teknis ketenagakerjaan dan 4 layanan pendukung. Seluruh layanan tersebut terintegrasi dalam satu pintu di www.kemnaker.go.id.


Baca juga artikel terkait LOWONGAN KERJA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight